Senin, 22 Mei 2017

Sajak-sajak Kakanda Redi

*pernah dimuat di www.sayap-imaji.com

LARUT MALAM, MENGENANGMU LEWAT STANZA

Aku mengenangmu, larut malam kali ini
desah lelah yang terbaca
pada kusam jendela kereta senja
stasiun lewat, mata mengerjap begitu saja
manis kebun tebu, sawah yang basah
pepadian yang rata
aku mengenangmu, saat rindu tiba-tiba mengeja
engkau, perjalanan kenangan, dan dekap masih terasa

[surabaya]
06 – 2005

KUARTRAIN RINDU

aku lukis rinduku pada lembar kali ini
melukisnya dengan sayap seputih melati
dan terbanglah,
kembali ke beberapa jenak lalu

sudut kota kecil, dingin menujumu
gelisah dalam sepi, lagu-lagu penuh debu
satu-dua awan, mengarak mengiring
langit sejernih telaga, juga matamu yang bening

belum kudapat apa yang mesti kucatat
panas siang, tarian sawah, atau wajah-wajah penat?
ah…inilah hidup dalam beberapa menit disini
sebab persinggahan kali ini adalah mimpi

[surabaya]
06 – 2005

SAJAK CINTA TENGAH MALAM

sebentar ini telah kucipta sajak untukmu
ketika tik-tok hujan tinggal satu-satu
sebab telah kau bangunkan aku dari lelap sebuah kembara mimpi
sambil kau dongengkan kepadaku
tentang arti percumbuan sederhana tadi
dengarlah, kau bilang…
hujan diluar telah benar-benar berhenti

[jakarta]
06 – 2005

RINDU

#I
aku harus bilang apa?
aku rindu membasuh muka dengan embun-Mu
gemercik air yang terkumpul satu-satu
begitu ingin aku putih lagi
agar saat menghadap-Mu
aku lebih punya nyali

#II
ada yang menatap tajam saat aku ingin menatap-Mu
tubuh renta ini sesekali belajar mengeja nama-Mu
ibarat senja yang hampir jadi malam
dedaunan yang kuning menua
biar aku pulang dan tidur lelap
disebelah-Mu
saat malam nanti benar-benar datang

#III
pagi lewat begitu saja
menjemput siang yang membawa gerah
saat gelap menilap senja
menggiring malam datang lebih cepat dari biasanya
saat gerimis mendesah di atap hidupku
aku sadar, seharian belum mengecup kening-Mu

[surabaya]
06 – 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah