Minggu, 01 Juli 2012

Stinky, Romantisme yang Melegenda



Stinky yang terlahir dari sebuah SMA di Jakarta Barat pada tahun 1992 ini menggunakan Sigung (hewan pada komik Donald Bebek) sebagai logo grup. Sigung adalah binatang yang memiliki senjata pamungkas dengan baunya tapi sebenarnya dia adalah binatang romantis. Makanya mereka lebih suka pakai nama itu dan kesan romantis itu bisa terdengar dari tema lagu – lagu yang mereka mainkan. Lewat lagu romantis pula nama Stinky berkibar. Band yang beranggotakan Andre Taulani [Vokal], Edy Suryo Triputrianto [Drum], Ndhak Surahman Hartono [Gitar], Helman Maulana [Gitar] dan Irwan Batara [Bas] semula adalah band rock. Stinky yang juga bisa berarti Satu Pikiran, S berarti satu Tinky berarti Thinking.

Semula mereka berasal dari dua band yang berbeda yaitu Trailer dan Madesu [Masa Depan Suram], mereka suka berkompetisi saat acara perpisahan SMA, tapi nggak tahunya dua – duanya sama jelek, akhirnya mereka putuskan untuk gabung dan jadilah Stinky. Setelah lulus SMA Stinky ikut beberapa festival dan dari beberapa festifal itu mereka dapat meraih gelar kejuaraan. Stinky dua kali ikut festival rock di Budi Luhur dan meraih dua penghargaan Grup Terbaik dan Grup Terfavorit pada tahun 1993. Selain itu Stinky juga meraih juara harapan di festival Jakarta Rock [Jak Rock]. Dari tiga prestasi itu mereka membuat demo – demo yang ditawarkan hampir kepada semua perusahaan rekaman di Jakarta. Waktu itu konsep musiknya rock. Tapi nggak diterima.

Stinky lantas banting setir. Dari rock mereka mencoba peruntungan di jalur pop romantis. Disaat mereka sudah putus asa Irwan pun mencoba menciptakan lagu pop, terciptalah lagu dengan judul `Asa Yang Tersisa`. Setelah tiga tahun bergerilya dengan mengirim demo, akhirnya Billboard tertarik. Agustus 1995 Stinky mulai kontrak dan mulai merilis album pertama sampai beredar pada tahun 1996. Dan menelurkan sebuah album yang hits di tahun 1997, mungkinkah dengan top single berjudul "mungkinkah" .album tersebut meledak dan stinky-pun terangkat namanya dan mensejajarkan diri dengan band-band populer pada masa itu. Tahun 1998 Stinky berhasil membuat Album Jangan tutup Dirimu dan tahun 1999 Album Rindu Untuk Dia.

oh iya... lagu lagu stinky seperti mungkinkah dan jangan tutup dirimu, dulu, adalah lagu yang hits banget, dari yang muda ampe yang tua doyan banget ama ni lagu. Bahkan 2 lagu ini sekarang udah jadi lagu nostalgia evergreen, yang sering di nyanyiin di acara-acara macam pertemuan bos-bos ampe acara nikahan.


STINKY (Discography)


01. STINKY _ Stinky (1997)

Track List
1. Mungkinkah
2. Bersatu Dalam Cinta
3. Hampa
4. Kaulah Yang Pertama
5. Hanya Untukmu
6. Pesonamu
7. Bias Pelangi
8. Lagu Untukmu
9. Yang Ku Mau
10. Asa Yang Tersisa





02. STINKY _ JTD (1998)

Track List
1. Tiada Lagi
2. Wouw... Yeah
3. Kuingin
4. JTD (Jangan Tutup Dirimu)
5. Cinta Suci
6. Satu dan Abadi
7. Bulan
8. Bunga Hati
9. Keep On You
10. Seandainya





03. STINKY _ Rindu Untuk Dia (1999)

Track List
1. Rindu U/ Dia
2. Cinta Pertama
3. Dewasa
4. Dansa
5. Izinkan
6. Walau Terpisahkan
7. Kembali
8.Kurindukan Ceritamu
9. Tanya
10. Bila
11. Satu Yang Berarti




04. STINKY _ Permata Hati (2000)

Track List
1. Kuserahkan
2. Seperti Janji Kita
3. Serasa
4. Kuingin Bersamamu
5. Untukku
6. Permata Hati
7. Lyra
8. Remaja
9. Still
10. Biru Hati

05. STINKY _ The Best Of (2001)

Track List
1. Mungkinkah
2. Jangan Tutup Dirimu
3. Cinta Suci
4. Seperti Janji Kita
5. Rindu Untuk Dia
6. Kaulah Yang Pertama
7. Tiada Lagi
8. Permata Hati
9. Pesonamu
10. Cinta Pertama
11. Kuserahkan
12. Kuingin
13. Biru Hati
14. Sebelum Kau Kembal


06. STINKY _ Stinky 5 (2002)

Track List
2. Kubangga Mencintaimu
3. Atas Nama Cinta
5. Satu Bidadari
6. Symphoni 2 Hati
7. Cinta Tak Harus Menyatu
8. Aku Punya 2 Kekasih
9. Anugerah Cinta
10. Yang Takkan Hilang

07. STINKY _ Langkah Terbaik (2004)


Track List
1. Romantika
2. Karna Ku Tak Bisa
3. Akulah Cinta
4. Maharindu
5. Terlalu
6. Langkah Terbaik
7. Pertama
8. Aku atau Dirinya
9. Ruang dan Waktu
10. Mati Tanpa Cinta

08. STINKY _ Album 7 (2005)

09. STINKY _ Pecinta Sejati (2007)

Track List
1. Pecinta Sejati
2. Saatku Pergi
3. Play Girl
4. Kaulah Adalah Kenangan
5. Karena Aku Punyamu
6. Indah
7. Sepuluh Tahun
8. Untuk Yang Terakhir
9. Cinta Selain Aku
10. Aku Jatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah