Rabu, 09 April 2014

Mangga Indramayu, Buahnya Nikmat, Pohonnya Rindang



Guys, akhirnyaaaaa...
Ane tuh udah sejak lama kepengen nanam pohon mangga di depan rumah. Gak tau kenapa, tiap ngeliat rumah orang yang ada pohon mangganya, apalagi yang buahnya banyak dan besar-besar, kok rasanya ane tuh ngiri. Kepengen juga punya rumah yang ada pohon mangganya.



 Mangga. Buah favorit ane nih.

Tapi, dasar yang namanya kendala, tetep aja ada. Punya bibit mangga, eeeeh, gak punya rumah. Hahahaaaaa... Sekarang udah punya rumah sendiri di Mempawah, eeeeeh, nyari bibit pohon mangga yang bagus kok ya susah bener.

Kalo punya pohon mangga di depan rumah dan berbuah selebat ini, woooooow...
Pasti nyenengin.

Gak. Ane gak nyerah. Ane tetep nyari informasi di daerah mana yang jual bibit mangga jenis yang bagus. Terserah deh. Mau mangga indramayu, mangga harumanis, mangga golek, yang penting mangga unggulan.

Mangga Gadung.
Ane juga pengen nanam pohon mangga jenis ini. Buahnya gede-gede.

Daaaaan, jeng jeng jeeeeeeng... ane udah nanam pohon mangga. Mangga jenis indramayu pula. Kata orang, mangga indramayu tuh dagingnya tebal, buahnya besar, rasanya juga manis. Pohonnya bisa buah dalam jangka waktu 1 sampe 2 tahun jika dari bibit cangkok atau tempel (okulasi). Tapi, kalo dari biji, agak lama deh kayaknya. Mungkin 2 sampe 3 tahun lah.

And yes, akhirnyaaaa...
Tanggal 7 April 2014, ane udah sukses nanam mangga indramayu di depan rumah

Nih, ane kasih sedikit info tentang mangga indramayu. Cekicroootttt...

Mangga indramayu punya nama latin Mangifera indica L. kultivar ‘Indramayu’. Mangga jenis ini bisa dibilang istimewa lantaran enak juga dimakan sewaktu buah belom terlalu mateng alias masih mengkal. Sewaktu masih mengkal, daging buah agak kekuningan dan teksturnya kenyal serta sedikit agak asem. Yang kayak gitu tuh justru yang bikin seger. Sewaktu mateng, mangga indramayu rasanya ya manis lah. Nikmat.

Oke, sekarang soal perkembangbiakan. Mangga indramayu bisa dikembangbiakkan lewat biji, cangkok, maupun okulasi. Semua itu akan ngaruh ke jangka waktu berbuah. Soal lama atau bentar, gak masalah. Yang penting ane udah nanam mangga di depan rumah. Tinggal ditungguin aja. Hahahaaaaa. Gak lah. Gak usah ditungguin. Ntar juga besar sendiri kok. Selama perawatannya maksimal, ane pikir tuh pohon bakal cepet besar, berbunga,dan berbuah lebat. Hahahahaaaaa... amin deh pokoknya.

Oke. Ane udah gak sabar ngeliat rumah ane ada pohon mangga yang berbuah lebat. Pasti nyenengin deh andai aja tuh pohon gak mati. Nyenengin lagi kalo dalam jangka waktu setahun ntar udah buah. Mantaaaap.

Kalo udah kayak gini, ane rasa gak ada orang yang nolak kalo ane kasih mangga indramayu tanaman ane.
Hahahahahaaaa...

Dah ah. Ntar ane posting lagi cerita yang baru. Ditungguin ya.

Yang lagi kemaruk pohon mangga,
Kakanda Redi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah