Minggu, 19 Mei 2013

[15] Ajeng: Ada apa dengan Pak’e?




            Aku cuma geleng-geleng kepala. Aku masih bingung menghadapi sikap pak’e yang aneh ini. Sepulang dari kunjungannya ke vila, pak’e langsung berubah. Sepertinya ndak percaya dengan omonganku kalau aku tadi sama sekali ndak ke vila menyusulnya.
Tadi pak’e cerita, katanya aku nyusul ke vila dan menyuruhnya pulang. Katanya lagi, bu’e minta tolong ngupasin buah nangka muda untuk sayur gudeg. Dan itu aku yang bilang. Aku yang bilang? Kapan juga aku ke vila nyusul beliau? Lha wong beliau sudah pulang dari vila saja aku masih di ladang sama bu’e. Ketika kami nyampe, pak’e langsung nanya mana buah nangka yang mau dikupas, gitu. Terang saja aku sama bu’e heran. Buah nangka apa? Siapa yang minta dikupasin buah nangka? Pak’e ini ada-ada saja.
Setelah bersitegang dan sedikit ngotot-ngototan, akhirnya pak’e ngalah. Dia langsung lemes. Dipan bambu di dekat pintu depan langsung jadi pelampiasan. Pak’e langsung merebahkan diri disana.
“Coba ngomong sekali lagi, Nduk, barangkali kamu lupa atau salah ingat atau bagaimana, masa kamu tadi ndak ada nyusul Bapak ke vila? Lha wong tadi nyata-nyata, jelas-jelas Bapak ngobrol sama kamu kok.”
Aku menghela napas, “Pak’e tadi lihat sendiri to? Kita ngobrol disini. Terus Ajeng pamit mau nyusul bu’e. Iya kan? Setelah itu Ajeng ya langsung nyusul bu’e beneran. Tanya saja sama bu’e kalau ndak percaya. Di ladang Ajeng bantu metik daun bayam yang akan dimasak nanti. Ndak ada kok bu’e nyuruh Ajeng metik buah nangka muda. Selama di ladang, Ajeng ndak pergi kemana-mana kok. Pulang ndak pulang ya sama bu’e tadi.”
Kulihat dada pak’e naik turun. Aku percaya kalau pak’e ndak sedang bersandiwara. Keringatnya menetes deras. Napasnya memburu. Seperti ada sesuatu yang mengejarnya. Kalau sudah begini, aku jadi kasihan dengan pak’e.
“Tadi bapak ke vila. Bapak kepingin lihat, apa saja yang sudah kalian kerjakan. Semua ruangan di vila dan segala penjuru halaman depan dan belakang sudah Bapak lihat. Bersih dan rapi. Seperti katamu tadi pagi, cuma rumput yang di pojokan agak kanan di belakang vila yang luput dari Asmawi. Bapak juga lihat. Ketika Bapak sedang berdiri di ambang pintu belakang, kamu datang mengagetkan Bapak. Bapak noleh ke belakang. Kamu berdiri dengan wajah tertunduk seperti mencari sesuatu yang terjatuh di bawah. Kamu ngomong kalau ibumu nyuruh pulang, ibumu minta tolong Bapak ngupas buah nangka muda. Untuk bikin gudeg katamu. Setelahnya kamu pamit mau pulang duluan. Katamu mau bantu masak. Bapak sempat mengiringi pergimu. Jalanmu cepat sekali. Dan… dan… aduh Gusti,”
Bapak memandangiku dengan tatapan aneh dan menakutkan, “Ada apa to Pak’e? Mbok ya jangan nakut-nakuti gitu to. Ajeng takut beneran ini.”
“Tadi kamu ndak pakai baju ini, Nduk. Tadi kamu pakai baju putih seperti daster. Terusan panjang. Bapak ndak terlalu memperhatikan. Tapi bapak yakin tadi baju yang kamu pakai sewaktu ke vila baju daster, bukan baju ini.”
“Hari ini Ajeng ndak ada pergi ke vila, Pak’eeeeeeee…” aku setengah menjerit. Biar saja. Biar pak’e tau kalau aku ndak bohong. Lagi pula apa sih untungnya membohongi pak’e di saat-saat seperti ini?
Pak’e diam lagi. Napasnya masih memburu. Tatapannya menerawang ke langit-langit teras. Aku tau pak’e sedang berpikir keras saat ini.
“Kalau bukan kamu, yang ngobrol sama Bapak di vila tadi siapa ya, Nduk?”
Lha yo ndak tau. Hantu perempuan itu mungkin.”
“Hus!!!” pak’e memandangku lekat-lekat, “Kalau ngomong itu mbok ya dijaga. Jangan asal njeplak gitu. Ndak bagus.”
Aku nunduk. Aku takut sekali saat ini. Pak’e memarahiku. Tapi aku yakin, saat ini pak’e merasakan ketakutan yang lebih hebat dari apa yang aku rasakan.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah