Minggu, 19 Mei 2013

[18] Yesi: Sesungguhnya semua tempat itu indah jika kita hanya mengunjunginya sekali-sekali dan pada momen yang pas




            Bener banget kemaren aku maksa-maksa ngikut liburan. Misalkan kemaren aku pasrah-pasrah aja, sumpah, aku bakalan nyesel banget ngelewatin berkunjung ke tempat yang keren kayak gini. Gila! Dimana lagi tempat yang jalan utamanya bisa aku pake duduk-duduk persis di tengah-tengah tanpa harus khawatir kesamber truk tronton kalo bukan disini? Disini sih yang lewat cuma pedati dan beberapa kendaraan roda dua semacam sepeda dan motor tua. Bus? Ada kok. Itu pun cuma sekali sehari aja pas subuh tadi. Dusun ini lumayan terisolir dari kehidupan luar. Gak ada listrik. Gak ada menara sinyal. Gak ada mal. Gak ada bioskop. Gak ada butik sepatu. Gak ada fun station. Gak ada tempat karaoke. Dan uniknya, aku suka banget ada disini. Aku betah. Aku krasan.
“Itu karena kamu gak menetap aja disini,”
Gitu komentar Ayu saat aku bilang kalo aku suka berada disini. Ah, rese aja tuh bocah. Padahal kan aku gak ngomong sama dia. Lagian, menikmati sebuah keagungan Tuhan kan gak harus pake menetap di tempat dimana keagungan itu tersaji. Iya kan?
“Semua tempat itu bagus. Semua tempat itu kayaknya indah jika kita cuma sebentar berada di tempat itu dan pada momen yang pas. Tapi kalo kita udah menetap dan beraktivitas seperti penduduk kebanyakan, kita toh akan jenuh juga.”
“Iya Mbak Ayu, saya setuju dengan pendapat Mbak barusan itu tadi.”
Nah, sekarang giliran Mas Handoyo yang ikut-ikutan ngebelain si rese Ayu. Oke, bagus sekali jalan-jalan pagi ini. Semua nyerang aku. Tinggal nunggu Leli dan Ajeng aja nih. Kalo mereka berdua nyerang aku juga, aku akan balik ke Pontianak naik pedati. Lihat aja kalo gak percaya. Lagian Ayu juga sih. Kenapa juga dia bisa mendadak dewasa gitu? Apakah berada di dekat orang yang kita taksir bisa membuat kita mendadak jadi dewasa dan pinter? Oh my god, aku dulu gak sepeti itu. Maksudku mendadak jadi dewasa dan pinternya. Tanpa harus dekat dengan orang yang aku taksirpun aku udah ngerasa kalo aku pinter.
“Bener banget apa yang dibilang Ayu barusan,”
Bagus. Yang barusan ngomong itu Leli. Rupanya dalam diam dia juga berkonspirasi untuk mengucilkan aku ya?
“Tuh, Leli aja setuju dengan pendapatku.”
“Kalian ini kenapa sih? Gak seneng ya aku ngikut ke vila? Tau gini aku tidur aja tadi sama Tetty. Males banget deh.”
“Tuh, kumat ngambeknya.”
Aku cuma bisa menatap Ayu dengan kesal. Gak dimana-mana nih anak seneng banget nyari masalah sama aku. Aku curiga jangan-jangan waktu SMA dulu nih anak ngambil ekskul tawuran lagi. Temen-temennya lagi pada mendribel bola, latihan paskibra, dan segala macam ekskul yang bagus-bagus, nah si Ayu pasti lagi ngasah kampak buat tawuran sepulang sekolah. Aku yakin banget.
Ajeng langsung mendekat dan ngelingkarin lengannya ke pundakku. Kami nerusin perjalanan.
“Mungkin maksudnya gini Mbak Yesi,” Ajeng ngajak aku jalan sedikit laju dan ninggalin rombongan di belakang, “sebelumnya saya mau nanya dulu sama Mbak Yesi. Tujuan Mbak Yesi ikut ke dusun saya ini opo to?”
Tujuan ikut ke dusun ini? Oh, mungkin aku bisa jawab begini: ngumpulin gadis-gadis desa untuk aku jual ke agen TKI, atau survey lokasi untuk nyari lahan buat bikin rumah peristirahatan yang tenang untuk aku, suamiku, dan anak-anakku kalo aku udah tua dan gak mampu kerja lagi nanti. “Ya untuk liburan lah. Untuk apa lagi?” iya, untuk apa lagi? Ajeng ini ada-ada aja. Yang beginian pake ditanyain.
“Terus fungsinya liburan buat apa?”
Aku nyaris ngakak. Pertanyaan ini sama aja dengan nanyain ke aku fungsi Hp buat apa. Emang fungsi Hp buat apa? Buat ganjel meja? “Ya buat nyegerin pikiran. Setelah setahun kerja, kan jenuh tuh. Capek banget. Makanya aku ngikut liburan kesini.”
Ajeng senyum-senyum sendiri, “Sama kalau begitu, Mbak. Kami, yang sehari-hari bekerja di sawah dan di ladang ini, juga capek. Jenuh. Kami sudah bosan tiap hari berkutat dengan lumpur. Mulai dari menyemai bibit sampai panen. Kami juga kepengen liburan ke kota, seperti Mbak Yesi liburan kesini. Kami kepengen lihat suasana yang baru Mbak, gak melulu bukit dan sawah saja.”
Aku diam. Kuresapi dalam-dalam apa yang barusan dijabarkan oleh Ajeng. Kian aku pahami, kian aku sadar kalo orang memang memerlukan suasana yang baru untuk nyegerin pikiran. Kalo gitu, Ayu tadi ada benernya. Bener banget malah. Cuma, cara nyampeinnya yang bikin aku kepengen nabokin tuh anak.
Gak kerasa, jalan yang kami lewati kian lama kian nanjak. Vila udah di depan mata. Tinggal dua tikungan lagi maka kami akan nyampe ke vila. Ah, senengnya.
“Di belakang vila ada pohon jambu air. Kemarin buahnya sudah besar-besar. Mungkin sekarang malah sudah pada mateng.”
Mas Handoyo memecah keheningan yang tercipta sejenak tadi. Jambu air? Pas banget.
“Nah, kita sudah sampai,” Ajeng senyum ke kami.
Kulihat cuma Ajeng dan Mas Handoyo aja yang gak ngos-ngosan. Ayu sedikit pucat. Leli malah ancur banget. Keringetnya ngucur dan napasnya memburu. Aku sendiri udah kepengen duduk aja dari tadi, cuma belom nemu tempat yang enak buat duduk.
Ajeng memasukkan anak kunci dan memutarnya. Sejenak kemudian, pintu udah menganga lebar. Aku ngerasain suasana yang gak biasa. Persis dengan menganganya pintu tadi, aku ngerasa ada angin yang gak begitu kencang yang menerpa wajahku. Gak kuat. Hanya seperti angin yang dihembuskan lewat mulut. Aneh, mendadak seluruh letihku hilang. Niat untuk nyari tempat yang enak buat duduk seketika gak ada, lenyap. Aku gak kepengen duduk. Aku kepengen cepat-cepat masuk ke vila dan menjelajahi seluruh sudut ruangan yang ada. Pasti menyenangkan berada di salah satu kamarnya.
Saat Ajeng ngajak masuk, aku gak mikir panjang. Malah aku berinisiatif untuk duluan masuk. Leli dan Ayu masih ngos-ngosan. Keadaan ini harus aku manfaatin sebaik mungkin. Aku akan menjelajah duluan. Kalo nanti malam kami memang bakalan nginap disini, aku udah tau dengan pasti aku akan memilih kamar di sebelah mana. Kamarku harus strategis, mudah menjangkau kamar mandi dan tentu saja meja makan. Ah, cerdas sekali kan aku ini?
Kalo aku gak salah ngitung, kamar tidurnya ada empat. Sedikit kecewa sih. Soalnya kami kan berlima. Bisa aja sih sebenernya semua kamar untuk kami yang cewek-cewek aja. Re kan bisa tidur di ruang tamu di depan tadi. Lagian ruang tamu tadi luas sekali. Tapi gak mungkin lah. Betapa kurang ajarnya kami jika kami beneran berlaku seperti itu. Malah sebenernya Re yang berhak mutusin kami mesti tidur dimana, secara ini kan vila pakdhe-nya Re.
Di bagian belakang, ada dapur yang peralatan memasaknya lumayan lengkap dan bersih. Ada meja makan juga. Agak di ujung, tepat sekali tebakanku, pasti kamar mandi. Keren loh, kamar mandinya aja ada dua. Airnya jernih lagi. Agak kebiru-biruan. Pasti dingin banget.
“Itu airnya diambil dari anak sungai di bawah sana Mbak Yesi,” Aku mencelat karena kaget yang luar biasa. Entah udah sejak kapan, tau-tau Mas Handoyo udah berdiri di belakangku, “Ndak jauh kok. Tempatnya enak. Airnya ya jernih seperti itu dan arusnya sedikit deras.” Mas Handoyo tersenyum sambil ngelanjutin penjelasannya soal anak sungai tadi. Jujur, aku tertarik untuk main air disana.
“Terus, gimana caranya air di sungai itu bisa nyampe kesini?” mataku berkeliling menjelajahi setiap sudut kamar mandi. Tapi meskipun aku udah melek-melekin mata juga, aku gak nemuin sesuatu yang disebut pipa atau semacamnya.
“Ada yang mengambilkan dong. Namanya Asmawi. Dia rajin loh, Mbak. Anak buahnya pakdhe loh dia.” Jelas Mas Handoyo seraya tersenyum. Aku mengangguk puas.
Aku membuntuti Ajeng yang akan membuka pintu belakang. Aku udah gak sabar untuk melihat pemandangan di belakang vila. Dan tentu aja, jambu air yang ditawarkan Mas Handoyo tadi.
Pintu udah kebuka. Kulihat, halaman belakang gak kalah bersih dengan halaman depan. Rumputnya aja dipangkas dengan rapi. Meski gak paham-paham amat dengan seni memangkas rumput, tapi aku tau kalo rumput dihadapanku ini belumlah lama dipangkasnya. Mungkin sekitar dua hari yang lalu. Tapi aku heran dengan sepetak lahan di sudut sebelah kanan itu. Rumputnya masih tinggi. Kok gak dipangkas sekalian? Nanggung amat nyisain kerjaan cuma segitu doang? Ah, masa bodo lah dengan semak itu. Toh gak mengganggu juga.
Bener aja. Ketika semua orang gak bersuara seperti sekarang ini, sayup-sayup gemericik air di bawah sana kedengaran. Tenang sekali rasanya. Sesekali juga kedengaran suara gemerincing di kejauhan sana. Kata Ajeng, itu suara orang yang sedang menunggui sawahnya. Setiap sawah yang mulai menguning pasti dipasangi orang-orangan sawah dan dikasi kaleng yang diisi sama kelereng atau kerikil. Kaleng ini akan mengeluarkan suara yang gaduh jika tali yang dihubungkan dengan orang-orangan sawah tadi ditarik dari pondok. Suara inilah yang akan mengusir burung-burung yang akan memangsa bulir-bulir padi tadi. Gitu penjelasan Ajeng. Aku tersenyum.
“Haaaaaiiii…”
Eh? Nih bocah kapan nyusulnya? Kok tau-tau nongol disini sih?
“Kaget ya?”
Aku ngangguk berkali-kali, “Banget.” Tetty malah cekakakan, “Sama siapa kamu kesini? Tadi kamu masih ngorok. Gak tega aja mau bangunin. Kayaknya kamu capek banget deh. Tidurmu melengkung kayak udang gala asam pedas yang dimakan Leli kemaren. Makanya kami terpaksa ninggalin kamu. Sori ya,” aku noleh ke belakang. Gak ada siapa-siapa. Pasti mereka lagi ngobrol di ruang tamu.
“Santai aja lah. Tadi aku dibangunin sama budhe. Aku nyari jagung nih, pagi-pagi sarapan jagung rebus kayaknya enak deh. Terakhir kali aku sarapan jagung rebus tuh ketika aku masih TK dulu.”
Gantian aku yang ngakak. Kayak dia dulu pernah TK aja.
“Udah ya. Aku ke ladang dulu sama budhe. Tuh, budhe nunggu di tikungan sambil metik daun bayam. Daaaaaa…”
Kami saling lambai. Tetty bergegas pergi menyusuri jalan yang menurun menuju sungai kecil di bawah sana. Aku kian penasaran. Aku coba ngejar Tetty. Tapi sayang, tuh anak udah hilang dari pandangan. Mungkin udah sampai tikungan sana, tempat budhe yang katanya tadi lagi nunggu sambil memetik daun bayam. Tapi, tapi kok cepet banget sih?
“Melihat apa to, Anak ini?”
Tuhan. Oh, sepagi ini aja aku udah berkali-kali dikagetin. Dua kali lagi mungkin jantungku akan melorot ke perut. Tadi Mas Handoyo. Barusan Tetty. Sekarang aku dikagetin sama perempuan tua yang membawa bakul dan ceret kendi. Capingnya sedikit mendongak. Matanya begitu teduh menatapku. Senyumnya juga menenangkan. Perempuan tua itu menganggukkan kepala sambil tersenyum sekali lagi. Posisinya yang berada di jalan setapak di bawah sana memaksaku untuk sedikit menunduk agar bisa saling pandang. Aku menyunggingkan senyum ke perempuan tua itu.
“Ini, ngggg…”
“Nama saya Warsini. Anak boleh panggil saya Mbok War. Nama Anak ini siapa kalau Mbok boleh tau?”
Aku senyum lagi, “Saya Yesi, Mbok. Saya temannya Re. Kami serombongan datang untuk berlibur ke dusun ini.” Kulihat Mbok War tersenyum, “Itu, tadi ada teman saya yang mampir kesini, tapi tidak lama. Mau saya kejar, eh, anaknya sudah tidak ada lagi. Mungkin sudah sampai di tikungan sana,” kataku sambil nunjuk tikungan yang ditutupi oleh semak-semak yang lumayan rimbun itu.
Ealah, Mbok kira ada apa. Iya, di tikungan itu asal sudah belok ya pasti ndak kelihatan lagi. Semak-semaknya tinggi begitu. Ya wes, mari Nak Yesi, Mbok mau ke sawah dulu,”
Kami saling menganggukkan kepala satu kali dan saling melempar senyum.
Aku menyandarkan tubuh ke pohon jambu air yang berbuah sangat lebat. Pandanganku masih mengiringi kepergian Mbok War yang mulai menghilang ditelan tikungan di ujung jalan sana. Sesaat otakku merasa rileks. Berbicara dengan penduduk di dusun ini sungguh menyenangkan. Di kota, di Pontianak sana, aku jarang ditegur oleh orang yang belum aku kenal sama sekali. Mungkin gak pernah. Tapi disini segalanya berbeda. Sepanjang jalan menuju vila tadi aja contohnya. Belasan orang menyapa kami. Belasan orang tersenyum kepada kami. Beberapa orang menawarkan kepada kami untuk menumpang pedatinya. Ah, sungguh sebuah lingkaran kehidupan yang masih menjunjung tinggi kebersamaan.
“Mbak Yesi, kita pulang dulu yuk. Sarapan dulu.”
Aku mengangguk. Kurasa aku gak ngerasa lapar, tapi mengantuk. Entah kenapa. Aku pengen tidur saat ini juga. Tapi gak mungkin juga rasanya jika aku tidur sendirian di vila ini. Meski vila ini menyenangkan, aku ngerasa takut jika harus disini sendirian.
Sepanjang jalan pulang kami gak banyak bicara. Masing-masing dari kami hanya menikmati saja apa-apa yang tersaji dengan indah. Sawah di kiri dan kanan kami. Cericit burung. Gemericik air yang mengalir di saluran irigasi. Tupai yang sesekali terlihat berkejaran di rerantingan pohon. Pepohonan yang bergoyang ditiup angin. Beberapa pedati lewat dengan bermacam-macam muatan. Ada yang memuat rumput untuk makanan ternak. Ada yang memuat jagung hasil panen. Ada yang memuat kayu-kayu kering. Mungkin untuk kayu bakar. Berjalan sejauh ini, pas hari sudah panas ternyata capek juga. Aku mulai ngos-ngosan.
Sampai di beranda, aku mendapati Tetty dengan Re sedang ngobrol. Gak, gak ngobrol. Kulihat wajah Tetty sedikit tegang. Sepertinya bukan karena capek, tapi entahlah. Masing-masing dari mereka menggenggam gelas. Takjub juga aku sama Tetty ini. Naik-turun bukit tapi gak keringetan sama sekali. Kupikir staminanya oke banget. Aku aja yang jalannya lumayan santai sempet ngerasa tewas. Nah dia yang pake lari segala masih oke-oke aja.
“WOOOOIIIII…” bener aja, mereka lagi ngelamun. Buktinya Tetty kaget beneran. Mukanya tambah pucat. Kenapa sih dia? “Gila, di vila seru banget. Pemandangannya beginiiii…” kuacungkan dua jempolku ke depan mukanya, “Kamu sih, pulangnya cepet-cepet.”
Kok Tetty gitu sih? Gak ngeluarin reaksi apa-apa. Kayak orang bingung gitu dia. Ah, dia kenapa sih? Bikin males aja. Pagi-pagi udah ngerjain orang kayak gini.
 “Jagungnya udah mateng?” tanyaku lagi. Nah, dia bingung lagi. Kali ini pake menautkan alis segala. Pake saling pandang dengan Re segala. Apaan sih?
“Jagung apa?”
Oke, bakat aktingnya udah mulai keluar, “Kamu tadi nyusul ke vila ngapain coba? Bilang sama aku mau nyari jagung, kan? Yang kepengen pagi-pagi sarapan jagung rebus siapa coba? Yang terakhir kali sarapan jagung rebus saat TK siapa coba?” kataku mulai emosi. Aku seneng becanda, tapi gak pada situasi seperti ini.
“Yesi, aku baru bangun. Boro-boro ke vila, mandi aja aku belum.”
Pengen aku tabok nih bocah, “Mulai lagi…”
“Mulai lagi apanya? Tanya sama Re kalo kamu gak percaya!”
Tetty membentakku. What? Tetty membentakku? Eh, kok malah dia yang emosi sih?

***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah