Minggu, 19 Mei 2013

[12] Perjalanan Ini…



            Strada Silver Metalik melaju dengan tenang menyusuri jalanan Kabupaten Pontianak yang lumayan padat oleh kendaraan. Di dalam mobil sama sekali tak tampak suasana murung atau kesedihan. Yang terjadi adalah teriakan dan nyanyian kegembiraan dari kelima orang yang ada di dalamnya.
       “Huaaaaaaaaaaaaaahhh, akhirnya aku jadi ikut liburan juga. Yahuuuuuuu… aku bahagiaaaa. Hahahaaaaaaa…” Yesi berteriak senang. Tangannya merentang dan hampir menyapu wajah Ayu dan Leli.
            Tetty menoleh ke belakang, “Okeeee… oke… tapi gak teriak-teriak kayak gini juga kaleee. Budeg nih kuping aku.”
Kelimanya lantas tertawa lagi.
“Ngomong-ngomong nih, gimana caranya kamu meluluhkan hati mamamu itu? Aku sempat mikir kalo kamu memang harus ditinggal dan manyun sendirian di rumah,” Ayu mengedarkan pandangan ke luar jendela. Terminal Batu Layang tampak ramai dan padat oleh kendaraan. Semua orang di sana tampak begitu sibuk.
Mendengar pertanyaan itu, Yesi nyengir, “Aku juga gak tau. Semalam tau-tau mama ngajak ngomong empat mata. Dari hati ke hati. Kami membicarakan soal kemungkinan apa yang akan dilakukan oleh tamu mama yang dari Jakarta itu. Kemudian kami mengambil kesimpulan sederhana bahwa apa yang akan terjadi nanti belum tentu berimbas baik buatku jika aku terpaksa harus di rumah. Hal ini tentu aja bakal ada pengaruhnya buat kenyamanan tamu mama. Akhirnya, mama memberikan ijin ke aku untuk pergi dengan kalian. Malah semalam mama sendiri yang nganterin aku ke supermarket untuk belanja barang-barang keperluanku selama liburan nanti. Dibayarin lagi. Hahahaaaaa, mamaku baik, kan?”
Meskipun sebenarnya gak ngerti, tapi toh Ayu mengangguk-anggukan kepala juga. Tatapannya masih ke luar jendela. Batu Layang sudah tertinggal jauh.
“Oke lah, gimanapun caranya, itu gak penting lagi. Yang penting sekarang adalah kita bisa sama-sama lagi. Berlima. Liburan sama-sama. Bener gak?” ujar Re seraya nyetir.
Semuanya setuju. Semuanya membenarkan.
“O iya, malahan tadi pagi mamaku membuatkan bekal loh, buat kita.” Yesi mengeluarkan bungkusan dari dalam tas yang dia pangku.
“Buat kita?” lagi-lagi Tetty menoleh ke belakang, pengen tau apa gerangan isi bungkusan itu.
“Iya, buat kita. Banyak ini. Gak mungkin lah buat aku sendirian. Gila aja, sebanyak ini.” Yesi membuka tutup tempat makanan yang ada di pangkuannya ini. Isinya banyak dan macem-macem. “Ini ada kue isi bengkuang dan kecambah. Ini ada roti bakar isi daging kalkun dan taburan biji wijen. Ini ada dadar gulung isi sayuran. Yang ini martabak mini isi daging unta giling. Kalo yang ini risoles dengan taburan keju dan saus mayonaise. Ayo, silahkan dicoba,” Yesi menyodorkan kotak tempat makan ke teman-temannya.
“Gila!” Ayu histeris, “Aku curiga jangan-jangan mamamu ini lulusan Master Chef Indonesia. Hebat banget deh mamamu, bisa masak aneka kue yang super lezat kayak gini,” Ayu mencomot risoles dengan taburan keju dan saus mayonaise, “Mmmmmmmmhhhhh, sumpah, enak bangeeeet!” Ayu menikmati risoles di tangannya seraya memejamkan mata. Potongan kentang berperisa sapi panggang sisa tadi pagi sudah tidak menarik lagi buatnya.
Yesi senyum-senyum ganjen, “Enak, kan?”
Ayu mengangguk berkali-kali.
Kotak makanan disodorkan ke depan. Tetty memilih untuk mencicipi roti bakar isi kalkun dan taburan biji wijen. Sementara Re memilih martabak mini isi daging unta giling.
“Busewwtmphh! Enyyawwkkh Bawwngweettmpphhh…” sepotong martabak mini langsung memenuhi mulut Re. Utuh. Tanpa dua atau tiga kali gigit lagi. Dia pikir, ribet aja kalo harus megang potongan makanan sekaligus sambil megang setir.
“Aduuuuuuhhh, plis deh Bang, ditelan dulu baru komentar kenapa? Bikin mood makan aku ilang aja nih orang!” Ayu sewot dengan kelakuan Re barusan. Baginya, itu sangat sangaaaat men-ji-jik-kan!!! Titik.
“Bukan cuma keren dalam hal memasak, tapi mamaku juga keren loh dalam memilih bahan-bahan yang akan dia gunakan untuk membuat kue-kue ini,” ujar Yesi dengan intonasi penuh rasa bangga, seolah mamanya baru saja memenangkan undian jalan-jalan gratis keliling Bali.
“O ya? Misalnya apa tuh?”
“Misalnya nih, risoles yang dimakan sama Ayu, ini kejunya di impor langsung dari Pakistan. Kejunya juga fermentasi dari susu tapir loh, bukan susu sapi. Nah, orang-orang di Pakistan sana mendatangkan tapirnya langsung dari Selandia Baru. Saus mayonaise-nya didatangkan mama langsung dari negeri pizza Italia. Nah, kalo kue isi bengkuang ini, bengkuangnya dipanen dari kebun bengkuang yang ada di Kamerun. Kecambahnya disuplai oleh para pembudidaya kecambah dari Kendawangan, Ketapang sana. Kalo roti bakar ini, daging kalkunnya adalah hasil dari peternakan kalkun terbesar yang ada di Afrika Selatan. Wijennya mama impor dari Bangladesh. Martabak mini isi daging unta giling yang dimakan Re tadi, daging untanya di impor langsung dari Uni Emirat Arab loh. Dan ini, dadar gulung isi sayuran. Sayurannya macem-macem. Ada terong yang didatangkan dari Turkmenistan. Ada bayam yang dipesen langsung dari  petani bayam di Bahrain. Ada daun bawang yang tumbuh subur di tanah bekas perang di Vietnam sana. Ada timun yang di impor langsung dari Republik Demokratik Kongo. Ada juga wortel yang didatangkan langsung dari Madagaskar. Nah, keren kan, mamaku?”
Re ngangguk-ngangguk. “Sumpah, keren banget deh mama kamu, Yesi. Makan kue buatan mama kamu rasanya kayak keliling dunia gratis.”
“Serasa nonton negara-negara yang bertanding di piala dunia,”  komentar Ayu.
“Serasa belajar IPS Sejarah waktu SD dulu,” Tetty yang komen.
Terakhir, Yesi menyodorkan tempat makanan ke Leli. Yesi baru sadar kalo selama ini Leli gak membuka matanya sama sekali. Gak ngapa-ngapain. Gak ngomong. Duduknya gelisah. Sebentar-sebentar berubah posisi. Sebentar-sebentar menarik napas panjang.
“Leli, kamu kenapa?” Yesi mengguncang-guncang pundak Leli.
Gak ada reaksi.
Yesi mulai cemas. Ayu menjulurkan kepalanya ke sebelah pundak Yesi. Tetty memutar badan ke belakang. “LELIII…KAMU KENAPAAAA?????”
Leli bereaksi. Tubuhnya tampak menggeliat. Matanya terbuka. Bibirnya terkatup rapat.
“KAMU KENAPA SIIIIH??? JANGAN BIKIN NGERI GITU DONG!!!”
Leli mencari sesuatu. Matanya liar kesana kemari. Sepertinya sesuatu yang dia cari tak ditemukannya. “KANTOOOONG… MINTA KANTONG!!!”
Ayu yang pertama kali ngeh langsung membongkar snack yang dia taroh di dekat kakinya. Sesegera mungkin kantong plastik bekas snack itu dia angsurkan ke Leli yang mulai panik. Dan beberapa jenak kemudian…
HOEEEEKKKKKKHHHHHH…
Yesi sigap menyembunyikan kotak makanannya. Tetty menutup kuping. Ayu mencelat dan nempel ke pintu mobil. Re bingung mau ngapain.
“Aduh Leliiiii, kamu mabok ya? Tadi gak sarapan ya? Pantesan tingkahmu aneh banget hari ini.” Yesi mengurut leher Leli yang masih juga mengeluarkan isi perutnya. Ayu mengangsurkan minyak kayu putih. Tetty mengangsurkan tissue. Re gak ngangsurin apa-apa.
Leli menjawab pertanyaan Yesi barusan dengan gelengan kepala yang nyaris separoh masuk ke kantong plastik.
 “Oke, kita istirahat dulu. Kita nyari tempat yang enak buat makan.” Re yang sedari tadi gak ngapa-ngapain akhirnya buka suara juga.
“Kita berhenti di Sui Pinyuh aja. Gak jauh lagi kan?” Tetty ngasih usul yang bagus.
Ayu keberatan, “Di Sui Duri aja. Kita makan sambil nikmatin suasana laut. Kalo di Sui Pinyuh sih gak ada yang bisa dilihat. Terminal doang gitu juga. Gak menarik.”
“Bukan masalah menarik atau gak menariknya. Kasian Leli tuh. Perutnya harus segera diisi. Nanti kalo dia mabok lagi kan enak, paling gak kan ada yang bisa dikeluarin.”
“Iya sih,” Ayu ngalah. “Ya udah, kita makan di Sui Pinyuh aja.”
“Nggak,” Leli yang lagi diomongin tiba-tiba nyahut, “Aku udah gak apa-apa kok. Beneran. Kalo udah mabok sekali kayak gini, biasanya udah aman sampe kita nyampe. Kita makan di Sui duri aja. Enak, bisa ngeliat laut.”
“Yakin?” kayaknya Tetty masih sangsi. Diliriknya Leli dari kaca. Leli ngangguk meyakinkan. “Oke lah kalo gitu. Kita cari makan di Sui Duri. Gimana menurutmu, Re?” ditolehnya Re yang masih fokus pada jalanan dan setir.
“Gini,” Re ngasih pendapatnya, “tadinya aku mau ngasih pilihan rute. Kalo kita makan di Sui Pinyuh, kita masih bisa memilih rute yang cepet untuk nyampe ke Sanggau Ledo. Kita bisa ambil rute yang melewati Anjungan, Toho, Menjalin, Karangan, lalu Bengkayang. Total waktu yang kita perlukan gak nyampe tiga jam lah. Tapi kalo kita ambil jalur yang lewat Sui Duri, total waktu yang kita ambil bisa lebih lama. Untuk nyampe ke Bengkayang mungkin sekitar empat atau lima jam lagi. Dari Sui Duri kita mesti ke Singkawang dulu, lewat Samalantan, lewat Bukit Mendiring, lalu Bengkayang. Prosesnya lebih lama karena kita harus memutari bukit-bukit. Gimana? Mau ambil jalur yang mana?”
Sepi. Masing-masing pada mikir plus minus dari rute yang dijabarkan Re barusan.
“Menurut aku nih,” Yesi yang paling pertama ngasih pendapat, “kita lewat rute Anjungan aja. Alasannya, kasian Leli kalo mesti diajak lewat rute Bukit Mendiring. Tuh bukit musibah banget bagi pengendara yang doyan mabok kayak Leli. Jalan yang berkelok dan menanjak tuh sama sekali gak bersahabat di perut. Bisa-bisa aku juga ketularan mabok.”
“Aku setuju sama Yesi,” ujar Tetty mantap.
“Aku gak setuju.”
Semuanya terperanjat sebab yang ngomong gak setuju barusan justru malah Leli sendiri.
“Alasannya, aku pengen makan udang gala asam pedas. Di Sui Pinyuh mana ada rumah makan seafood? Kalo di Sui Duri kan ada. Di tepi laut lagi.”
“Udah? Itu doang alasannya?”
“Iya,” sahut Leli.
“Kamu siap menghadapi tantangan Bukit Mendiring?”
“Ngggg…” Leli menatap Yesi dengan tatapan miris, “Kayaknya gak siap deh. Sayang kan udang gala asam pedas yang udah dibeli mahal-mahal harus dimuntahin lagi. Tapi… tapi… gimana dong???”
“Oke… oke, selain Leli, yang lain gimana? Setuju gak kalo kita ambil rute Anjungan?”
Yesi, Tetty, Ayu mengangguk mantap.
“Kita udah keseringan ke pantai. Sekali-sekali lah kita nikmati suasana perjalanan yang bernuansa bukit dan pegunungan. Lewat Anjungan pas banget tuh, dapet banget momen kayak gitu.” Ayu menambahkan alasan dia mengangguk tadi.
“Jadi sekarang kendalanya cuma masalah udang gala asam pedas aja, kan?”
Cuma Leli yang ngangguk.
“Sip lah kalo gitu. Solusinya adalah, kita mampir ke Sui Duri dulu. Kita makan. Setelah makan, kita puter balik lagi ke Sui Pinyuh dan lanjut ambil rute Anjungan. Gimana teman-teman?”
“Setujuuuuu.” Leli, Ayu, dan Yesi menyahut dengan kompak.
Cuma Tetty yang gak nyahut, “Apa gak malah makan waktu, Re? Dari Sui Pinyuh ke Sui Duri kan lumayan tuh, setengah jam lebih. Bolak-balik udah sejam lebih. Belum lagi nanti waktu untuk makan.”
Re tersenyum, “Gak lah. Gak akan selama itu. Jalan raya Mempawah kalo jam segini sepi kok. Kita bisa sedikit ngebut kalo emang mau ngejar waktu cepet. Tapi menurut aku sih, ngapain juga kita cepet-cepet? Niat kita kan emang mau jalan-jalan, mau liburan. Jadi ya nikmati aja perjalanan ini dengan senikmat-nikmatnya.”
“Iya juga sih.”

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah