Minggu, 19 Mei 2013

[14] Leli: Sebenarnya kesempatan itu akan datang berkali-kali, hanya saja tidak dalam waktu yang berdekatan




            Mempawah sudah kami tinggalkan sekitar sepuluh menit yang lalu. Aku hanya takjub dengan dua hal saat ini. Pertama, sebentar lagi aku akan makan udang gala asam pedas kesukaanku. Membayangkan aku menggigit dagingnya yang lembut dan lezat itu saja udah bikin aku ngiler. Oke, takjubku yang kedua adalah, aku takjub dengan kemampuan Re nyetir. Gila aja tuh anak. Dia hanya perlu waktu sekitar satu jam untuk menempuh jarak Pontianak – Sui Duri. Padahal kalo aku yang nyetir, mungkin sekarang ini baru nyampe Segedong.
Oke lah, lupain itu. Maksudku, lupain Re dengan kemampuan nyetirnya yang harus aku akui memang oke. Saatnya fokus sama udang gala yang yummy. Hmmm…
Mobil udah masuk ke lokasi parkir salah satu tempat makan yang persis menghadap ke laut. Ngggg… maksudku gak gitu. Rumah makannya tetep aja menghadap ke jalan raya. Cuma, posisi lesehannya yang memang dirancang menghadap ke laut. Dan tentu saja ini menyenangkan.
Kami memilih lesehan yang paling ujung, yang paling dekat dengan laut. Angin kencang langsung menyambut. Mengacak-acak segala hal yang dia singgahi. Dingin langsung terasa mendominasi. Aku seneng dengan suasana seperti ini. Jujur aja, aku jarang banget dapet kesempatan makan di tempat seindah dan seromantis ini. Beberapa bulan yang lalu kesempatan itu nyaris aku dapat. Nyaris. Tapi toh aku gak dapat juga. Kupikir kesempatan itu gak bakal datang lagi. Rupanya aku salah. Kali ini aku bisa makan di tempat yang aku sukai lagi. Dengan temen-temen tercinta malah. Tuh, kesempatan itu datang lagi kan?
Sesekali kami disuguhi oleh deburan ombak yang menghantam bebatuan yang dibuat khusus untuk menahan abrasi. Batu yang terbuat dari semen dan berbentuk kubus itu disusun memanjang di bibir pantai. Ditumpuk sedemikian rupa sehingga ombak yang datang gak langsung menghantam tepian dan gak sampai membawa serta pasir saat kembali lagi ke laut. Sementara di kejauhan, perahu-perahu nelayan tampak seperti titik-titik yang bergerak pelan-pelan. Sesekali pula ombak besar bergulung dan menyisakan busa yang sedikit keruh kecoklatan. Ah, biarpun busanya gak bersih, tetep aja kelihatan sangat cantik.
Seorang pelayan menghampiri lesehan tempat kami duduk. Senyum dibibirnya sungguh memikat. Pasti udah di-setting tuh dari pagi. Buktinya, senyum itu gak berubah sejak dia melenggang sampai dia nyampe ke tempat kami duduk.
“Selamat pagi. Silahkan, ini daftar menunya,” diangsurkannya lima lembar daftar menu yang udah di-laminating. Aku dan temen-temen mulai sibuk menentukan pilihan. Segala yang tersaji di gambar sungguh menarik. Gambarnya banyak. Enak-enak semua. Males juga kalo harus bertele-tele kayak gini.
“Udang gala asam pedas ada, Mbak?” tentu saja itu suaraku. Diantara kami berlima, siapa lagi yang saat ini lagi kemaruk sama udang gala asam pedas? Itu aku. Syukurnya, pelayan dengan senyum yang di-setting itu mengangguk. “Satu porsi ya, Mbak.” Pelayan itu ngangguk lagi.
“Kepiting rica-rica ini bener harganya segini, Mbak?”
Aku noleh ke Ayu. Dia yang barusan nanya itu. Seperti biasa, pelayan itu cuma ngangguk.
“Buset, mahal banget sih, Mbak? Yang bener aja. Masa seporsi kepiting rica-rica harganya delapan puluh lima ribu?”
“Iya, Mbak, memang segitu harganya. Kepitingnya impor dari Timor Leste.” Akhirnya pelayan itu gak cuma ngangguk, tapi juga ngomong.
“Ah, Mbak ada-ada aja.” Ayu masih juga ngeyel, “Tapi masa sih semahal ini, Mbak?”
Kulihat pelayan itu mulai males mukanya, “Iya. Jadi pesen gak, Mbak?”
“Dua porsi deh,”
Aku misuh-misuh dalam hati. Kupikir itu bocah bakalan gak pesen. Taunya? Dasar Ayu.
Yesi memilih pesen udang gala juga, sama seperti pesenanku. Re mesen nasi goreng seafood khas Thailand. Tetty mesen mie tiaw goreng bumbu lada hitam khas Pakistan. Sumpah, baca menu yang ada di rumah makan ini, aku jadi ingat sama kue bekal Yesi yang ada di mobil.
Pelayan itu sibuk mencatat. “Oke, minumnya, Mbak?”
“Es lidah buaya.”
“Sama,” kali ini aku yang setuju sama pesenan Yesi.
“Es Shanghai dengan saus susu cokelat ya, Mbak. Susu cokelatnya banyakan dikit,” itu Tetty yang mesen. Pas banget. Yang dia pesen barusan langsung nunjukin siapa dia yang sebenernya. Saus susu cokelat? Ah, tipe gadis yang memuja kesehatan dan tidur nyenyak. Ngggg… aku pernah baca kalimat ini dimana ya? Aku lupa.
Black Coffee dan juice semangka ya, Mbak.” Re yang mesen. Oke, juice semangka? Terlalu kentara kalo dia gak pengen cepet gendut. Black coffee? Elegan dan gantle banget kesannya.
“Mbak, air putih panas ada gak?”
Aku langsung melotot demi mendengar pesenan Ayu barusan, “Eh? Yang bener aja. Ngapain kamu mesen air putih panas doang? Bikin aku il-fill aja nih bocah.”
“Soalnya aku ada bekal teh dan gula di tas.”
HUAAAAAA… aku il-fill seil-fill il-fillnya. Si pelayan cuma tersenyum. Aku yakin kalo sebenernya dia lebih milih membenamkan diri ke laut ketimbang nganterin pesanan Ayu barusan. Bekal teh dan gula? Plis deh, kenapa gak bekal termos air panas aja sekalian?

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah