Sabtu, 06 April 2013

[9] Re: Percayalah, semua akan baik-baik saja



            Liburan tahun lalu, saat kami pergi ke Manokwari, aku ingat barang bawaanku gak sebanyak ini. Waktu itu barang-barangku cuma satu tas. Itu pun gak penuh-penuh amat. Sekarang? Aku membawa tiga tas dan lima kardus tanggung. Sumpah, aku udah kayak orang yang mau ngungsi aja. Lagian ibu ada-ada aja. Udah tau aku mau liburan, mau jalan-jalan, eeeeeh, pake dititipin barang-barang untuk Pakdhe Warno segala. Liburan maaaaaan, liburaaaaaan. Masa iya sih liburan bawa barang begituan? Narohnya dimana coba? Belum lagi barangnya temen-temen. Hadoooh…
            Misal nih ya, misal. Misalkan aku pake mobil sendiri, terus kardus-kardus tak berguna ini aku taroh di bak belakang, okelaaaah. Pasti muat kok. Cuma aku ogah aja kalo sempet ditanya sama orang dengan pertanyaan yang gak bermutu. Misalnya, ‘pindah rumah, Mas?’ atau yang lebih sadis lagi nih, ‘waduuuuh, ganteng-ganteng kok kerjaannya nganterin paketan orang!’
            Mampus deh aku!
            Aku masih duduk menghadap kardus yang numpuk. Males banget aku ngelihatnya. Ibu ini mau kirim oleh-oleh apa kirim barang dagangan sih? Oleh-oleh kok gak kira-kira gini. Bikin aku gak mood aja.
            “Kamu sudah nelpon pakdhe-mu, Re?”
            Aku nyaris mencelat. Ibu muncul dari dapur dengan tiba-tiba. Sumpah, aku kaget banget.
            “Kardus oleh-oleh ini jangan lupa. Yang tiga untuk pakdhe, yang dua untuk Ajeng.”
            “Memangnya isinya apa sih, Bu?”
            “Baju. Ada baju baru. Ada juga baju bekas untuk dipakai ke sawah.”
            “Yang untuk Mbak Ajeng isinya apa?”
            Ibuku tersenyum. Entah apa maksudnya. Yang jelas senyumnya sungguh mengundang curiga. “Mbak Ajeng-mu minta dibelikan boneka Angry Bird.”
            “APA???” demi Tuhan aku gak percaya barusan ibu ngomong apa. Angry Bird? Mbak Ajeng? Mbak Ajeng minta dibeliin boneka Angry Bird? Ya Tuhaaaaan, yang benar saja!!! Oh, itu tentu saja isi kardus yang pertama. Isi kardus yang kedua? Oke, biar kutebak. Pasti isi kardus yang kedua boneka barbie lengkap dengan baju ganti dan segala macam rumah dan kendaraannya yang bisa dibongkar-pasang. Dan… dan celakanya akulah yang membawa barang-barang itu. Tiba-tiba perutku terasa mual. Mataku berkunang-kunang.
Hp-ku bergetar. My Heart Draws a Dreams-nya L’Arc-en-Ciel mengalun dengan enerjik. Tuh, ringtone-ku aja udah laki banget gini, masa iya sih aku bakal jadi kurir boneka Angry Bird? Hah, yang benar saja!
“Siapa yang telpon?” tanya ibuku. Pasti beliau berharap telpon ini dari pakdhe. Kalo bener begitu harapannya, hahahaaaaa, siap-siap aja kecewa. Telpon ini dari Ayu.
“Dari Ayu, Bu. Biar Re angkat dulu.” Aku mendekatkan Hp ke telinga, “Hallo?”
“Hallo, Bang. Lagi apa?”
“Lagi ngelamunin Angry Bird,” kulirik wajah ibu yang masam.
“Serius dong ah,”
“Iya, serius ini. Didepanku lagi ada kardus yang isinya boneka Angry Bird. Bakal kita bawa tuh besok. Menuh-menuhin mobil aja.” Kulirik lagi wajah ibu. Manyun sekarang beliau. Hahahaaaaa. Gantian dong, sekarang aku yang meneror mentalnya.
“Bang, aku kok kepikiran Yesi terus ya? Rasanya gimanaaaaa gitu. Gak enak aja kalo gak ada dia. Sepi. Gak ada yang bisa dijadiin sasaran tabok.”
Aku merenung sejenak. Bener juga. Yesi adalah sumber kelucuan kami. Kalo ada sesuatu yang bakal jadi bahan ketawaan, itu karena ada dia. Dia itu sumbernya. Sumber keceriaan kami. Ibarat kata iklan, gak ada dia gak rame deh pokoknya. “Udah lah. Kalo mau dipikirin kayak barusan, ya emang berat. Kita gak biasa jalan dengan personil yang kurang. Formasi kita gak pas gini, tentu aja bakal gak asik. Tapi kan keputusan udah kita ambil. Percaya aja deh, semua bakal baik-baik saja kok.”
“Baik buat siapa dulu nih? Buat kita atau buat Yesi?”
“Ya buat dua-duanya lah,”
“Ah,” kudengar Ayu menyela di seberang sana, “tentu aja buat Yesi gak baik.”
Aku mengangguk. Biar gimana juga, pendapat Ayu barusan ada benernya. Bener banget malah. Siapa sih yang suka ditinggal sendirian dalam situasi seperti ini? Kupikir gak ada!
“Gimana kalo nggggg…”
“Apa?” aku mulai mencium gelagat yang gak enak.
“Gimana kalo acara liburan kita kali ini kita batalin aja. Atas nama solider sama temen. Gimana, Bang? Setuju gak?”
“APA???” aku bangkit dari duduk. Beneran, misal gak ada ibu di dekatku saat ini, barangkali udah aku tendang kardus berisi boneka kepala burung di depanku ini, “Jangan ngaco dong. Kita ngerencanain acara liburan kali ini bukan sehari-dua hari loh. Kita sudah membahas destinasi liburan kita ini jauh-jauh hari sebelum libur. Masa iya sih mau kita batalin gitu aja, padahal kita berangkatnya tuh besok. BESOK!!!”
“Aduh Bang, gak usah pake teriak-teriak gitu dong. Cumpleng nih kupingku,”
“Lagian ngasih usul ada-ada aja.”
“Yaaaaah, namanya juga usul. Kalo diterima ya bagus. Gak ya udah.”
“Kasian dong sama temen-temen yang laen. Sama Leli dan Kak Tetty. Mereka juga pasti udah packing barang. Kasian juga sama orang di Sanggau Ledo sana. Pasti mereka udah nyiapin tempat buat kita.”
“Iyaaaaa iyaaaaaaaaaaa, aku gak jadi ngasih usul yang tadi deh. Anggap aja tadi aku gak ngomong apa-apa.”
Aku mendengus kesal, “Ngasih usul aneh-aneh lagi Abang gampar nih ntar!”
“Aduuuuuhhhh, atuuuttttt. Digampar??? Ciyussss??? Miapaah???”
Kudengar Ayu ketawa terbahak-bahak sebelum menutup telponnya. Dasar tuh bocah. Ada-ada aja. Sama kayak ibu.
Ah, gila aja kalo emang bener liburan kali ini bakal dibatalin. Betapa kecewanya aku. Yang pasti aku gak akan sendirian. Pakdhe Warno juga. Beliau akan kecewa banget. Tempo hari aja waktu kutelpon, betapa nada bicara beliau tuh seneng banget begitu denger aku akan berkunjung ke Sanggau Ledo dengan temen-temen. Andai aja aku telpon sekarang dan aku bilang gak jadi pergi, waaaaahhhhh, bakal kecewa berat pastinya beliau itu. Mana ibu udah bilang mau ngirim baju lagi. Beuuuhhhh!!!
Telpon Leli ah.
Ngggggg… nelpon Kak Tetty aja deh. Mobilnya udah diservis belom ya? Kok perasaanku tiba-tiba gak enak gini sih?
“Hallo,”
Buset, tumben banget cepet gini ngangkatnya? Biasanya nunggu tiga jam baru diangkat kalo aku yang nelpon, “Hallo, gimana persiapan buat besok? Udah pada siap semua, kan?”
“Siap dong pastinya,”
Aku menautkan alis. Gak tau gimana cara ngelihatnya. Yang jelas barusan aku mendengar keragu-raguan dari jawaban Kak Tetty ini, “Mobil jangan lupa di cek kondisinya. Soalnya besok kan mau kita pake jalan jauh tuh. Jadi…” eh? Kok ada nada putus gini sih? “Hallo??? HALLOOOOOO??? KAAAKKKKK????”
Aje gile!!! Telponku diputusin gini? Nih orang kenapa sih? Kenapa sih hari  ini semua orang pada jadi aneh gini???

***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah