Sabtu, 06 April 2013

[6] Yesi: Sesuatu yang menjadi batu sandungan itu bernama ‘Tamu dari Jakarta’




            Aku lagi sendirian di rumah. Pikiranku beneran kacau. Gak tau kenapa kok kayaknya aku gak rela kalo besok temen-temenku bakal pergi jauh ninggalin aku sendirian. Aduuuuuh, aku sendirian? Sesuatu yang gak pernah aku bayangin sebelumnya. Dan sekali lagi, tentu saja ini sangat me-nye-bal-kan, titik.
Hp-ku bergetar. Nah, panjang umur nih bocah. Ngapain juga dia nelpon? Mau pamer kalo besok mereka mau berangkat liburan dan nyanyi-nyanyi sepanjang jalan di mobilnya? Dasar!  “Hallo,” aduuuuuh, males banget deh aku ngangkat telpon dari nih anak. Beuhhh!
            “Hallo, lagi dimana?”
            “Ya di rumah lah. Emang mau kemana?” plis deh, mau berburu barang-barang buat dibawa besok? Tolong lah yaaaa, aku kan gak ikut liburaaaaaan. So, ngapain juga aku mesti sibuk-sibuk hunting? Buang-buang energi saja!
            “Oke lah, lima belas menit lagi kami nyampe ke rumahmu.”
            “Kami?” aku bingung. Jangan-jangan mereka abis ngumpul-ngumpul lagi. Mereka belanja ke Hypermart sama-sama, cekikikan sama-sama, hunting barang-barang sama-sama, beli ini beli itu untuk bekal besok, dan mereka gak ngajak aku? Waaaah, beneran ngajak ribut nih temen-temen, “Rame-rame gitu?”
            “Ya iya lah rame-rame. Gimana sih?”
“Nggg…” aku diam sejenak, “ya udah deh. Aku tunggu. Bawain aku pizza hut ya. Yang ada taburan sosis dan ikan tuna. Ingat, ikan tuna, bukan ikan sapu-sapu. Juga keju dan saus mayonaise.”
“Yaaaaah, berarti gak lima belas menit dong…”
“Gak apa-apa. Aku tunggu.”
“Oke lah.”
Hahahaaaa. Lumayan kan bisa makan pizza hut gratis?
Eh, tapi kok tumben bener ya si Re segampang itu mengiyakan pesenanku? Pizza hut lagi. Biasanya boro-boro pizza hut, dititipin kripik singkong rasa balado aja kadang-kadang tuh anak pake acara lupa segala.
Atau… nggggg… apakah ini sebagai salah satu cara permohonan maaf mereka karena gak menyertakan aku liburan? Ah, aku gak ikut liburan kan bukan salah mereka. Ini salah mama. Salah MAMA! Aaaaaaaaarrrrggghhhhh, kepalaku possssseeeeeeeng!!!
Bete. Gak ngerti mau ngapain lagi. Kulirik komik Shinchan yang udah menggunung di meja. Disebelahnya malah ada Doraemon dan Naruto dari jilid awal sampe jilid yang terbaru. Udah aku baca tuh semuanya. Sudah ngulang seratus dua puluh delapan kali malah. Udah tamat. Tamat, sodara-sodara. Sama kayak nasibku yang udah tamat. Gak ikut liburan dan bengong sendirian kayak gini adalah musibah yang lebih menyedihkan ketimbang kondisi korban akibat kekejaman Israel.
Suara mesin mobil menderu memasuki pelataran rumah. Meskipun yang lagi nyetir Re, tapi aku tau persis kalo Honda Jazz merah marun itu adalah mobilnya Leli. Dan, oh… mereka berempat, sodara-sodara. Berarti bener dong kalo mereka abis jalan-jalan bareng, belanja, makan, dan ketawa-ketiwi tralala-trilili bareng. Ya Tuhan, kalo udah gini, apakah pizza hut di tangan Re itu masih membangkitkan selera? Betapa menyedihkannya aku ini. Udah masuk dalam wilayah penjajahan mama, eeeh, di luar kekuasaan mama pun masih juga dibiarkan sendirian oleh temen seperjuangan.
“Nih, pesenanmu,” Re mengangsurkan bungkusan plastik dengan gambar dan tulisan yang udah gak asing lagi, “pizza hut bertabur ikan tuna, sosis, keju, dan saus mayonaise. Malah aku kasih bonus biar kamu tambah sehat. Tadi aku bilang ke mbak pelayannya supaya ditambahin dengan irisan terong dan taburan kecambah.”
Aku menerimanya dengan rasa sedikit canggung. Kupandangi wajah Re. Dia tersenyum. Ah, itu pasti tipu muslihat. Itu pasti topeng. Itu pasti kamuflase. Lagian pizza hut pake kecambah? Kenapa gak pake irisan jengkol aja sekalian?
“Kok malah bengong?”
Tetty menepuk pipiku. Aduuuuuh, ini anak. Ngagetin aja.
“Kami gak diajak masuk nih?”
Yang barusan itu Leli yang ngomong.
Ah, susahnya bersikap wajar seperti biasanya, “Kalian ini kenapa sih? Tumben banget mau masuk aja pake minta diajak segala. Biasanya begitu turun dari mobil, kalian langsung lari ke kamarku tanpa permisi dulu, bahkan ke mama.” Aduh… aduh… barusan aku terkesan nyolot gak sih?
“Hei, kok marah-marah sih, Neng? Lagi ketiban bulan ya?” Tetty mendorong tubuhku. Begitu pintu udah lapang, mereka nyelonong masuk dan menghempaskan tubuh ke sofa sekencang-kencangnya. Dasar temen-temen yang gak bisa membaca sikon. Nggggg, gak punya tata krama tepatnya. Aku yakin waktu belajar PMP di SD dulu pasti ulangan hariannya nyontek semua.
“Buseeeeet, banyak Doraemon nih,” Re mencomot komik di meja, dibukanya langsung ke halaman tengah.
“Pinjem dong, buat baca-baca di mobil besok.”
Hah? Apa? Apa aku gak salah denger nih? Ayu mau pinjem komik aku buat baca-baca di mobil besok? Helloooooooo… Emangnya besok dia mau kemana? Mau liburan? Oh Tuhaaaaan, ambillah hamba sekarang juga. Hamba sudah pasrah, ya Tuhan.
“Iya, Ayu, ide bagus tuh. Komik Korea ada gak, Yes? Pinjem dong.”
Aaaarrrggghhhhh, Leli Leli Leliiiii. Demi Tuhan, kamu ngeselin banget hari ini!!!
“Kalian abis dari mana?” oh, bodohnya aku. Udah jelas-jelas mereka abis dari belanja. Pake nanya lagi. Basa-basi yang sangat basi.
“Dari rumah lah. Emang dari mana?”
“Kok dari rumah bisa bareng-bareng gitu? Semobil lagi.” Tatapanku lurus ke mata Tetty.
“Eh, ngggg… gini Yesi…”
Tuh kan, dia salah tingkah. Aku yakin nih, kalo aku bongkar bagasi mobil sekarang, pasti deh banyak barang-barang yang akan mereka bawa besok. Hiks… membayangkannya saja udah bikin dadaku sesak. Aku gak sanggup membayangkan andai aja aku beneran membongkar bagasi mobil dan menemukan Potato beraneka rasa dan minuman bersoda yang asli seger banget kalo diteguk pas gerah-gerahnya di dalam mobil. Miris rasanya. Pedih. Okelah, aku gak akan melakukan hal bodoh itu. Membongkar bagasi mobil itu maksudku.
“Gini, kami emang dari rumah dan emang mau kesini. Nah, biar enak, kami ngumpul dulu di rumah Ayu. Baru deh berangkat bareng-bareng ke sini.”
Ah, Re emang gitu orangnya. Selaluuuuu aja ngebelain Tetty.
“Yesi, aku pinjem Doraemon jilid lima sampe tiga belas ya. Shinchan pinjem juga ya, jilid tiga puluh sampe empat puluh dua.”
Aku mengangguk, “Bawa aja,” sahutku lemes. Tepatnya: MALES! Ayu kelihatan banget matanya berbinar penuh dengan rasa suka cita yang mendalam. Lagian minjem kok segitu banyaknya. Itu sih mau ngerampok. Kenapa gak dia bawa aja semuanya sekalian?
“Mama kamu mana, Yes?”
Eh? Ngapain juga mereka ini nanyain mamaku? Mau pamitan? “Lagi arisan di rumah Ibu Broto. Paling bentar lagi juga pulang.”
Sepi sebentar.
“Yes, sori banget nih ya sebelumnya,”
Aku membenarkan letak duduk. Nah, Re udah mulai memainkan intro nih. Kayaknya lagu dengan tema pembunuhan berencana dan kisah yang bakal memporakporandakan hati dan perasaanku bakal segera dimulai. Cara Re ngomong aja udah lain gini, penuh dengan kehati-hatian. Seperti orang yang takut salah ngomong. Eh bukan… bukan, seperti orang yang takut menyinggung perasaan orang lain. Dan orang lain itu adalaaaaaahhhh: AKU!!!
“Kita kesini tuh punya tujuan. Kita pengen ngobrol sama…”
“Sama aku? Mau pamitan, gitu?” potongku cepat. Re tampak kian gak enak hati. Hahahaaa, tau rasa dia. Gitu tuh rasanya menghadapi orang yang depresi gara-gara gak bisa ikut liburan gratis.
 “Duuuuh, kok jadi sensitif gitu sih, Neng. Biasa aja kali.”
Ah, si Leli ini, sempet-sempetnya nyuruh aku bersikap biasa? Coba kalo dia yang ada di posisi aku? Pasti dia bakalan melakukan percobaan bunuh diri deh.
“Eh, ada tamu rupanya,”
Itu suara mamaku. Mamaku datang sambil bawa bungkusan. Pasti kue sisa arisan. Kalo yang ngadain arisan Bu Broto sih, kuenya gak jauh-jauh dari brownies atau rainbow cake gitu lah.
Temen-temenku pada berdiri dan satu persatu nyalamin mamaku. Eh, si Re apa-apaan sih? Pake cium tangan segala lagi. Aku curiga nih. Pasti ada sesuatu yang gak beres.
“Pas banget, Tante. Kita datang kesini memang kepengen ngobrol sama Tante kok.” kata Re, sopan banget.
“O ya?”
Mamaku memasang wajah kaget. Ah, itu pasti pura-pura.
“Iya, Tante. Itu pun kalau Tante gak sibuk.”
“Oh, iya boleh. Tante gak sibuk kok. Kerjaan rumah tinggal nyuci baju saja. Itu sih biasanya Yesi yang ngerjain.”
What??? Yesi yang ngerjain? Mama gak salah nyebut tuh? Di belakang ada dua bak penuh baju kotor. Itu jadi tanggung jawabku? Ooooh, berarti mama ngelarang aku untuk ikut liburan cuma buat gantiin tugasnya si Popi, pembokat yang lagi cuti melahirkan? Aku jadi pembokat dong? Wah wah waaaah, ini sih udah kebangetan namanya.
“Jadi gini Tante,” Re mengatur letak duduknya terlebih dahulu, “Tante pasti sudah tau dong kalau kita ini akan pergi liburan. Yesi pasti sudah cerita. Nah, seperti yang sudah-sudah, kita ini selalu liburan bareng. Selalu berlima. Kemanapun itu. Cuma yang kami dengar dari Yesi, liburan kali ini dia gak bisa ikut. Nggg… gini, kalau Tante gak keberatan, kami datang kesini ini untuk meminta ijin Tante. Ya, gimana lah caranya supaya Yesi bisa ikut.”
Aku terharu. Ah, ternyata Re berniat baik. Gak kok, bukan cuma Re. Ayu, Leli, Tetty juga. Mereka kesini mau memintakan ijin supaya aku bisa ikut liburan? Oh, bener-bener soulmates mereka ini. Semoga aja mama berubah pikiran. Semoga aja mama bisa secepatnya sadar dan mengakui bahwa apa yang dia lakukan beberapa hari ini adalah sebuah kesalahan yang fatal. Kalo mama benar memberi ijin, aku rasa waktu untuk hunting barang-barang masih cukup kok. Gak cukup sore, malam pun akan aku manfaatkan demi menyiapkan perlengkapan liburan.
Sepertinya ada harapan. Kulihat mata mama sedikit meredup. Mama tertunduk lesu. Oke, mungkin mama mulai menyadari kalau dia telah melakukan kesalahan yang fatal tadi. Hahahaaaaa, tinggal nunggu waktu yang pas buat mama untuk mengatakan ‘iya, Yesi boleh pergi kok.’ Aiiiih, senangnya.
Membayangkan yang barusan, aku jadi senyum-senyum sendiri.
“Tante akan memberi ijin kepada Yesi untuk ikut pergi berlibur,”
JLEGARRRRR!!!
Demi Tuhan, aku beneran gak salah denger kok. Yang barusan membuat statement tuh emang bener mama. Asli, memang mama yang ngomong barusan. Aaaaah, aku pengen loncat dari kursi!
Kulihat mata Re juga berbinar penuh harap. Tetty tersenyum. Leli menegakkan duduknya. Ayu sibuk membolak-balik halaman komik. Aaaarrrrghhh… lama-lama aku banting juga tuh anak!
“Tapi tidak untuk liburan kali ini!”
BLUBBBB!!!
Mendadak dunia terasa begitu gelap. Tuhan, apa Engkau sudah mencabut nyawaku? Tuhan, apakah aku tidak salah dengar? Apakah benar yang ngomong barusan itu mamaku? Oh, aku benar-benar pengen loncat dari kursi. Loncat terus jatoh dan mati! Hiks… aku pengen nangis.
“Ngggg, maaf loh, Tante. Saya gak bermaksud mencampuri urusan Tante terkait gak dibolehkannya Yesi ikut dengan kami besok. Cuma, andai kami boleh tau alasan Tante melarang Yesi ikut liburan, kami akan senang dan mencoba memahaminya sebagai sebuah keputusan yang tepat dari Tante.”
Entahlah gimana reaksi mama sekarang. Aku udah terlanjur males. Bete.
“Baiklah, jika kalian ingin tau alasan Saya melarang Yesi ikut liburan, Saya akan ceritakan.”
Ah, mama sok formal deh. Biar kata mama ngomongnya udah kayak presiden sekalipun, toh intinya tetep aja aku gak bisa ikut.
“Jika tidak ada  halangan, beberapa hari lagi akan ada tamu dari Jakarta. Tamu ini adalah tamu yang istimewa buat kami. Tamu yang akan datang nanti adalah teman Tante semasa Tante TK dulu.”
Aku nyaris tersedak. Teman sewaktu TK? Yang benar saja! Aku aja udah lupa temen-temen TK-ku dulu siapa-siapa aja. Malah aku udah lupa aku dulu TK dimana. Malahan lagi, aku lupa-lupa ingat, apa aku dulu beneran pernah sekolah TK apa enggak. Dan, tamu dari Jakarta? So what? Apa hubungannya denganku? Siapa juga yang peduli andai tamu itu datang dari Afrika Selatan sekalipun?
“Temen tante ini akan membawa serta anaknya. Anaknya itu laki-laki. Namanya Benny. Konon dia pengen banget kenal sama Yesi. Makanya liburan kali ini Tante benar-benar melarang Yesi pergi kemana-mana. Tante tidak ingin mengecewakan teman tante itu. Terlebih mengecewakan anaknya.”
“Oh, jadi maksud Tante, ngggggg… Yesi itu mauuuuu di… nggggg…”
Stop Re, STOP!!! Jangan pernah bilang kalo aku ini mau dijodohin. Plis!!!
“Yang punya kepentingan itu kan Mama sama temen Mama. Kok jadi bawa-bawa Yesi gini sih, Ma?” aku nyaris berteriak. Suaraku udah goyang, udah bergetar. Mungkin jika aku ngomong tiga kalimat lagi, aku beneran akan nangis.
“Yesi, apa salahnya sih menjalin silaturahmi dengan sahabat lama?”
Kutatap mata mama lekat-lekat, “Ma, plisss, yang sahabatan itu kan Mama, bukan Yesi sama anak temen Mama itu.” oke, tinggal dua kalimat lagi.
“Apa salahnya sih kamu menuruti keinginan Mama? Sekaliiiiii saja.”
“Gak salah, Ma, kalo itu terjadi diluar waktu liburan kayak gini. Tapi akan salah besar kalo sampe Mama merenggut kesenanganku.” nah, sudah dua kalimat. Air mataku bener-bener netes. Aku mulai libung. Aku mulai sesenggukan. Entah kapan waktunya Ayu merangkulku. Aku bener-bener gak sadar. Yang aku tau, kini aku udah nyaman nangis di bahu Ayu.
Sepi. Tak ada yang berbicara lagi setelah kalimatku yang terakhir.
Aku masih sesenggukan.
“Maaf Tante,” kudengar Tetty membuka percakapan lagi, “apakah Tante masih pada pendirian Tante? Maksud saya, apakah Yesi tetap tidak boleh pergi?”
Kuintip mama dari sudut mataku. Kulihat perempuan yang begitu aku cintai itu mengangguk. Oh, hancur sudah harapanku. Liburan kali ini bener-bener kelabu. Aku akan menghabiskannya dengan orang asing. Menyedihkan memang.
“Baiklah kalau begitu. Kami sudah tau sekarang alasan Tante melarang Yesi ikut dengan kami besok. Setidaknya, kami tidak akan menduga-duga lagi.” Tetty menepuk lengan Re, memberi isyarat untuk bangkit dari duduk, “Kalau begitu kami mohon pamit, Tante. Maaf sudah membuat Tante merasa tidak nyaman.”
Kulihat satu persatu temenku menyalami mama. Re masih juga mencium tangan mama. Malah kini Ayu, Leli, juga Tetty ikut-ikutan. Sebelum mereka meninggalkanku sendirian, kurasakan Leli menepuk pundakku perlahan.
“Udah, gak usah nangis lagi. Aku yakin maksud mamamu baik kok.”
Aku diam. Sungguh, aku tak memahami kalimat Leli barusan. Baik? Dari sudut pandang siapa? Mama? Oh, kalo dilihat dari sudut pandang mama, tentu aja baik, sangat baik malah.
Sesaat kemudian, Honda Jazz merah marun itu menderu dan perlahan meninggalkan pelataran rumah. Aku semakin kesepian. Aku bener-bener pengen mati.
Hp-ku bergetar. SMS dari Re masuk.

Percayalah, Tuhan punya rencana lain buat kamu.
Sabar aja ya.

Aku menghembuskan napas kuat-kuat. Sesak di dada masih tersisa.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah