Sabtu, 06 April 2013

[5] Rapat rahasia, misi canggih, dan target operasi





            Di Rumah Ayu, pukul 13.05 WIB, sehari menjelang keberangkatan.
            Re melepaskan jaket Real Madrid kebanggaannya dan meletakkannya di sofa. “Sori, aku telat,” sapanya basa-basi. Diedarkannya pandangan menyapu seisi ruangan. Semua temennya sudah hadir duluan, kecuali Yesi tentunya. Karena ini adalah rapat rahasia dan yang akan dibahas adalah soal Yesi, jadi alangkah lebih baik kalo tuh anak gak usah ada dulu di sini ketimbang nanti malah bikin suasana jadi gak enak kayak cerita Tetty kemaren.
            “Jadi kita akan membahas apa nih?” Leli membuka pertemuan dengan pertanyaan.
            “Ceritain dulu dong soal pertemuan kalian kemaren di rumah Yesi itu. Dia ada ngasih alasan gak? Setidaknya kode-kode atau sinyal-sinyal apa gitu, yang bisa kita gunakan untuk menarik sebuah kesimpulan.”
            “Nggak ada,” sahut Ayu cepat, “Yesi sendiri aja gak tau kenapa mamanya itu ngelarang dia untuk ikut liburan kali ini. Padahal kamu tau sendiri kan biasanya gimana? Gak ada masalah setiap liburan. Gak tau deh untuk liburan kali ini.” Imbuhnya lagi.
            “Oke,” kata Re akhirnya. Ada nada pesimis dan pasrah disana, “Kita gak tau alasan yang sebenarnya yang disembunyikan oleh mamanya Yesi. Berarti kalopun kita harus menyelidik, yang kita selidiki bukan Yesi, tapi mamanya. Nah, kita punya misi nih. Misi canggih.”
            Semuanya ngangguk-ngangguk. Entah ngerti entah enggak.
            “Misi canggih? Maksudnya?” Tetty yang nanya.
            “Jadi gini,” Re berdehem dua kali, “kita harus bicara sama mamanya Yesi, dari hati ke hati. Bukan sekedar bicara aja. Kalo bisa kita selipkan bujukan-bujukan dan rayuan-rayuan asmara agar beliau kasih ijin ke Yesi. Kita kasi jaminan bahwa liburan kali ini menyenangkan dan aman terkendali tentunya. Gimana?”
            Ayu ngangguk-ngangguk.
            Leli ngangguk-ngangguk.
            Tetty geleng-geleng kepala. “Sepertinya bakal berat,” ujarnya sedikit pesimis, “Aku lumayan kenal dengan mamanya Yesi. Beliau emang suka becanda. Tapi kalo sekali bilang enggak, kayaknya bakalan beneran enggak deh.” Tambahnya lagi.
            “Contohnya?” tanya Leli.
            “Contohnya, ngggg…” Tetty kelihatan berpikir keras, “o iya, kayak kemaren aja itu, yang Yesi mau nonton konsernya Kangen Band, mamanya gak kasi ijin. Padahal konsernya itu gak jauh, cuma sekitar dua ratusan meter aja dari rumahnya.”
            “Waktu itu mamanya ada kasi alasan?” kali ini Ayu yang nanya.
            “Tadinya sih gak mau bilang. Tapi setelah konsernya selesai baru mamanya kasi alasan yang sebenarnya.”
            “Trus, alasannya apa dong?” kejar Ayu lagi.
            “Mamanya gak suka dengan rambut Andhika Kangen Band yang kata mamanya kayak kain gorden jendela  di kantor kecamatan.”
            Beberapa jenak kemudian meledaklah tawa semuanya. Ayu sampe guling-guling di lantai. Leli sibuk menekan-nekan perutnya yang ngilu. Re sibuk menendang-nendang Ayu yang masih guling-guling di lantai dan sesekali nimpukin Leli dengan komik Korea koleksi Ayu. Cuma Tetty yang senyum-senyum aja.
            Leli yang paling dulu sadar dan berhenti ketawa, “Oke, udah… udah… serius lagi.” Katanya.
            “Jangan-jangan, ada yang gak disukai sama mamanya Yesi terkait lokasi liburan kita?”
            “Bisa jadi,” Leli memberi dukungan terhadap dugaan Re barusan. “Aku pikir juga gitu. Tapi apa? Masa iya sih mamanya Yesi gak suka sama lokasinya? Sanggau Ledo kan gak jauh-jauh amat.”
            Semuanya mikir. Bermacam-macam dugaan muncul di kepala mereka.
            Ayu mengira-ngira, mungkin mamanya Yesi pengen ngajak Yesi liburan sekeluarga. Sehingga Yesi gak dikasi ijin untuk ikut liburan sama temen-temen kali ini.
            Leli mengetuk-ngetukkan kunci mobil ke meja. Beberapa dugaan muncul di kepalanya. Namun hanya beberapa saja yang dia anggap masuk akal, seperti misalnya Yesi diminta menemani mamanya yang bakal sendirian di rumah. Denger-denger sih, papanya Yesi akan pergi ke Jakarta dan adik-adiknya Yesi pada ngikut. Nah, kalo Yesi ikut liburan juga, berarti mamanya sendirian beneran dong. Iya, pasti itu alasannya, batin Leli mantap.
            Tetty menyandarkan tubuh ke pinggiran sofa. Ada beberapa ‘jangan-jangan’ yang muncul di kepalanya terkait sebab mengapa mamanya Yesi ngelarang Yesi ikut liburan. Jangan-jangan Yesi mau di kawinin. Jangan-jangan mamanya Yesi mau ngajak Yesi pergi ke suatu tempat yang gak kalah seru sama Sanggau Ledo. Jangan-jangan Yesi disuruh ikut kursus menjahit. Atau jangan-jangan mamanya Yesi gak suka sama Pakdhe-nya Re. Jangan-jangan Pakdhe-nya Re punya kumis yang mirip pagar di kantor kabupaten. Aaaahhh… pusing.
            “Kita ke rumah Yesi aja sekarang. Kita bujuk mamanya Yesi agar beliau mau kasih ijin. Kalaupun gagal, setidaknya beliau mau ngasih alasan kenapa Yesi gak boleh ikut liburan.” kata Re memecah keheningan yang baru saja tercipta.
            “Tapi…”
            “Udah, gak usah pesimis dulu,” Re menatap Tetty dengan tatapan meyakinkan, “Kita kan gak bakalan tau kalo kita belum nyoba.”
            Ayu menjentikkan jari, “Setuju. Ayo deh, berangkat sekarang. Makin cepat makin bagus.”
            “Aduuuuuuh,”
            “Ck,” Leli memandang Tetty yang kayaknya masih aja berat dan gak siap melaksanakan misi canggih ini. Padahal target operasi udah ditentukan, “kenapa lagi sih? Lama-lama aku tabok juga nih anak.”
            “Ya Tuhaaaaan, ini hampir jam dua siang. Panas bangeeeet. Aku gak sanggup naek motor. Nanti kulitku gosong lagi. Pake mobilnya Leli aja deh ya, pliiisssss…”
            Leli mendelik kesal, “Kamu kan kemaren udah beli sunblock buat bekal ke Sanggau Ledo. Di pake dong.”
            “Apa? Buat bekal ke Sanggau Ledo? Bujubuneng! Ngapain juga ke Sanggau Ledo bekal sunblock? Mendingan aku bekal panah atau bumerang. Lumayan kan buat senjata berburu.”
            Leli menautkan alis, “Jadi, sunblock kemaren buat siapa dong?”
            Tetty mesem-mesem gak jelas, “Itu buat ompung aku lah. Ompung aku tuh mau liburan ke Hawaii. Nah, beliau minta beliin sunblock deh. Aje gile, kayak di Hawaii gak ada aja barang yang namanya sunblock itu.”
            Leli hampir aja menyela lagi ketika Re mulai berbicara dengan seseorang lewat Hp.
            “Hallo, dimana? Oke lah, lima belas menit lagi kami nyampe ke rumahmu. Ya iya lah rame-rame. Gimana sih? Yaaaaah, berarti gak lima belas menit dong… Oke lah.”
            “Yesi?” tanya Tetty.
            Re mengangguk. “Yuk, jalan. Yesi udah nunggu di rumahnya.”

***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah