Sabtu, 06 April 2013

[3] Ayu: Liburan itu tujuannya untuk seneng-seneng. Tapi kalo personilnya kurang? Mending gak usah aja deh…




            Aku sama sekali gak pernah berpikir bakal kayak gini sebelumnya. Kemaren aku udah kasar banget sama Yesi. Dia pasti tersinggung tuh. Sekarang aku harus gimana coba? Ngomong jujur meskipun itu menyakitkan? Atau harus basa-basi tapi toh ujung-ujungnya bakal menyakitkan juga?
Ya Tuhan… aku benar-benar bingung sama Yesi. Eh, mungkin sama mamanya. Iya, aku bingung sama mamanya Yesi. Kenapa sih liburan kok pake dilarang-larang segala? Toh Yesi juga gak minta uang untuk bekal. Liburan kali ini kan gratis tis tis… Kalo emang mesti bayar sekalipun, aku pikir Yesi gak bakal deh minta uang sama mamanya itu. Gaji Yesi dipake untuk liburan ke Pakistan juga kukira masih sisa banyak.
Terus masalahnya apaaaaaa???
Kenapa kok liburan aja gak boleeeeeh???
Eh? Kok aku yang jadi sibuk gini sih?
Enggak kok. Biasa aja.
Aku cuma mikir seandainya aku ada di posisi Yesi, mungkin aku akan stress juga. Andai aja aku dikasi tau alasan yang sebenernya, kenapa aku gak boleh ikut liburan, aku pasti akan lega. Kukira Yesi juga akan gitu. Lega.
Lah ini?
Ah, kasian bener Yesi. Harusnya aku bisa menghibur dia, bukan mencelanya seperti tempo hari. Apa yang bakal aku rasain andai ada temenku yang mencelaku seperti aku mencela Yesi kemaren ya? Aduh, pasti perih sekali rasanya.
Baiklah, menelponnya mungkin akan sedikit mengobati rasa bersalahku.
“Hallo…”
Ya Tuhan, kok aku jadi gugup gini sih? So what? Yesi kan temen genk-ku. Biasa aja lagi. Yang namanya genk kan pernah berantem juga. Selama itu gak menimbulkan perpecahan, it’s ok lah.
“Wooooiii…”
“Eh, iya,” aku geragapan. Telingaku budeg rasanya. Barusan Yesi teriak di seberang sana. Aku yakin barusan air liurnya sampe muncrat ke tanah. “kamu lagi ngapain? Sibuk gak?” Tuhan, apalagi ini? Sejak kapan aku ngomong sama Yesi aja pake basa-basi yang sangat formal seperti ini?
“Kamu kenapa sih? Aneh banget.”
Tuh kan? Yesi aja sampe bilang gitu. Itu artinya aku memang aneh.
“Tumben kamu nelpon. Ada apa?”
“Itu, ngggggg, soal yang tempo hari. Aduh, sori banget ya, Yesi. Aku gak ada maksud buat nyakitin hati kamu kok. Sumpah.” Kudengar Yesi cekikikan di seberang sana. Dasar bocah sableng. Lagi dapet masalah gitu masih aja sempat cekikikan.
“Udah lah, lupain aja.”
“Lupain aja gimana maksudmu?”
“Setelah kupikir-pikir, kamu ada benernya kok. Percuma aja kita nipu keadaan kalo toh situasi yang sebenernya gak sesuai dengan yang kita rencanakan. Dengan atau tanpa kamu ngomong gitu, aku tetep aja gak dibolehin sama mama untuk ikut liburan.”
“Mama kamu udah ngasi alasannya?”
“Gak. Mama bilang alasan itu masih rahasia.”
“Yaaaaah, jadi gimana dong?”
“Gimana apanya?”
Aku garuk-garuk kepala, “Padahal kan liburan itu tujuannya untuk seneng-seneng. Gembira sama-sama. Tapi kalo personilnya kurang kayak gini, mendingan kita gak usah berangkat semua aja kali ya? Biar adil.”
Sepi di seberang sana.
“Hallo, Yesi? Kamu masih di sana?”
“Eh, iya,” kudengar suara Yesi sedikit tergeragap, “kamu barusan ngomong serius?” tanyanya kemudian.
“Tentu aja aku serius. Kita kan udah sehati dalam segala hal. Susah senang kita bareng. Bertahun-tahun kita temenan. Kalo ada satu yang sakit, semua bakal ngerasain.”
Di seberang sana, aku mendengar suara isak tangis yang tertahan.
“Kamu memang sahabat sejati, Ayu.” Suara Yesi udah mulai serak.
“Gak usah nangis, Yes. Aku gampar nih kalo kamu sampe nangis.”
Ku dengar suara Yesi cekikikan lagi di seberang sana. Cekikikan yang dibalut oleh isak tangis.  Berkali-kali itu bocah ngucapin makasih sebelum akhirnya aku mengakhiri pembicaraan. Telpon aku tutup.
Aku lega. Sedikit lega maksudku. Hp masih aku genggam ketika aku menengadahkan kepala sambil memejamkan mata. Tuhan, ketika aku ngomong sama Yesi barusan, aku dalam keadaan sadar atau mabok sih???

***
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah