Sabtu, 06 April 2013

[1] Seberat apapun itu, yang namanya keputusan memang harus tetap ditentukan dan diambil.



            Ruang tamu terasa begitu sepi. Benar-benar sepi. Padahal ada empat orang di ruang tamu itu. Semuanya diam. Semuanya sibuk dengan pikiran dan tingkah masing-masing. Tak ada yang bersuara. Seorangpun.
            Leli meletakkan dagunya di meja. Kepalanya sedikit miring ke kiri berbantalkan lengan yang sedikit terlipat. Sementara tangan kanannya sibuk memutar-mutar toples berisi wafer cokelat di atas meja tanpa berniat untuk membukanya apalagi memakan isinya. Sesekali terdengar dia menghela napas panjang.
            Ayu duduk persis di sebelah kanan Leli. Tak ada yang dia perbuat. Kedua lengannya memeluk lutut yang terlipat. Tatapannya tertunduk sayu.
            Yesi sedikit salah tingkah. Beberapa kali terlihat bibirnya seperti akan mengatakan sesuatu, namun hal itu urung dia lakukan. Jemarinya tampak mengepal. Tak lama, dia sibuk meremas jemarinya sendiri. Tatapannya kosong, tertunduk ke bawah.
            Tetty sibuk memencet tombol-tombol di ponselnya. Sesekali bibirnya berdecak manakala tombol yang terpencet tidak sesuai dengan yang dia inginkan. Namun hal ini tidaklah berlangsung lama. Sejenak kemudian, ponselnya telahpun tergeletak di meja. Tatapannya menyapu satu-persatu teman-temannya yang hadir di ruang tamu ini. Leli yang memutar-mutar toples. Ayu yang memeluk lutut. Yesi yang meremas jemarinya sendiri. Semuanya aneh. Semuanya diam. Semuanya senyap.
            “Yesi,” Tetty yang bersuara. Lekat-lekat ditatapnya mata Yesi yang masih tertunduk, “kita ke rumahmu kali ini cuma untuk satu tujuan. Kita pengen denger langsung darimu soal jadi atau enggaknya kamu ikut liburan ke desanya Re.”
            Leli menegakkan kepala, “Aku harap sih kamu ikut, Yes. Ya kamu tahu lah, selama ini kita udah pergi ke banyak tempat. Satu hal yang bikin aku seneng banget setiap kali liburan seperti ini datang adalah kita selalu berlibur sama-sama. Kalo salah satu dari kita ada yang gak ikut, pasti ada yang kurang.”
            “Bener,” sahut Tetty.
            Yesi mulai mengangkat wajah. Ditatapnya Tetty yang belum berpaling sejak tadi. “Aku mesti ngomong apa lagi, coba?”
            Sepi.
            “Aku juga udah pusing membujuk mama. Pusing. Capek. Gak tau kenapa kok kali ini mama susah banget dibujuknya. Mama tetep gak ngijinin aku pergi. Kemanapun itu. Dan, ah… intinya,” suara Yesi nyaris hilang, tercekat, tertahan oleh beban yang hampir jadi isak tangis, “intinya liburan kali ini aku gak bakal pergi kemana-mana.” Beban itu pecah juga. Yesi mulai terisak. Kepalanya kembali tertunduk.
            Ayu yang sejak tadi diam, kini mulai bereaksi dan berinisiatif untuk menenangkan Yesi. Beginilah hidup, pikirnya. Seberat apapun itu, yang namanya keputusan memang harus ditentukan dan diambil. Dan Yesi sudah membuat keputusannya sendiri. Mengambil keputusannya sendiri. Lantas, apa lagi yang harus diperdebatkan?
            “Sudahlah. Mungkin kali ini kami akan liburan tanpamu.”
            Yesi sontak mengangkat wajah, “Maksudmu?” isaknya berubah menjadi bentakan.
            Ayu yang gak siap mendapat serangan mendadak seperti barusan jelas kaget. Duduknya mulai berubah. “Loh, katanya kamu gak bisa ngikut. Sebenernya bisa apa gak sih? Bingung deh.”
            “Setidaknya kamu basa-basi dikit dong. Ngomong apa kek gitu, biar aku sedikit terhibur. Ahhhh… bikin tambah pusing aja ini anak.”
            “Mau basa-basi apa lagi? Mengatakan seolah-olah kamu tetep jadi bagian dari kami saat liburan nanti, gitu? Hellooooo… plis, kita gak usah nipu keadaan deh. Percuma saja. Toh kamu tetep gak bakalan terlibat. Oke?”
            “Dan kamu seneng kalo aku beneran gak jadi ngikut?”
            “Sekali pun aku gak pernah bilang gitu. Kamu aja yang terlalu mendramatisir suasana.” Ayu menghela napas sejenak, “Tadinya aku pengen menghibur kamu. Setidaknya berusaha membuat kamu gak nangis lagi. Tapi, ya sudahlah. Kamu sendiri yang bikin suasana jadi gak enak.”
            “Ayu, kamu…”
            “WOOOOIIII…” Tetty memukul meja tiga kali. “Ada yang berani bikin ribut lagi aku gampar nih. Ayo, ada yang mau coba-coba ribut lagi?”
            “Tau nih. Udah pada tua juga, kelakuan masiiiiih aja kaya anak SMA.” Leli menambahkan.
            “Ayu tuh,” cibir Yesi kesal.
            “Enak aja. Kamu tuh. Mendramatisir keadaan. Cengeng!” sahut Ayu gak mau kalah.
            PLETAK!!!
            BLUBBB!!!
            Kotak tissue mendarat persis ke dengkul Ayu. Sementara Yesi kebagian kain serbet yang mantap banget nangkring di muka.
            “Itu baru kotak tissue sama serbet loh ya. Di meja masih ada toples sama asbak. Jangan sampe itu benda juga aku angkat dan aku lempar ke salah satu dari kalian,” ucap Tetty pelan tapi asli nusuk. Tatapan matanya gak kalah tajam menghujam ke Yesi dan Ayu secara bergantian.
            Sepi lagi. Jurus yang dipake Tetty lumayan ampuh untuk meredam suasana yang panas dan bergejolak antara Ayu dan Yesi.
            “Ketimbang kita ribut gak jelas juntrungnya apa, mending kita nyari solusi, gimana supaya Yesi dibolehin berangkat liburan.” Leli meletakkan lagi kepalanya ke meja.
            Ayu menjentikkan jarinya, “Setuju.”
            “Aku juga setuju,” timpal Tetty.
            “Ya udah kalo gitu. Sekarang kamu cerita deh ke kita,” tatapan Ayu segera beralih ke Yesi, “sebenarnya apa sih alasan utama mamamu ngelarang kamu pergi liburan kali ini? Biasanya gak gini kan? Tahun-tahun yang lewat, kamu aman-aman saja.”
            “Bener tuh kata Ayu,” Leli yang nyambung, “Kalo alasan mama kamu gak bolehin ikut liburan cuma gara-gara urusan finansial, aku pikir itu bukan alasan deh. Dan kalopun memang itu alasannya, kupikir lagi itu bukan masalah yang serius. Kita gak akan keluar banyak ongkos. Kita akan nebeng di mobilnya Tetty. Bener gak, Tet?”
            Tetty mengangguk, “Iya. Bener. Lagian, nyampe sana pun, kita gak akan belanja apa-apa. Re bilang, di sana gak ada mal, gak ada tempat karaoke, gak ada KFC, gak ada Pizza Hut, gak ada butik, gak ada Jhonny Andrean, gak ada…”
            “Mampus deh!” teriak Ayu spontan. “Kalo mamang mie ayam ada gak?” Ayu memenggal kalimat Tetty sekenanya. Wajahnya mendadak gusar. Gak tau kenapa.
            “Mamang mie ayam? Ngggg…” Tetty garuk-garuk dengkul, “kayaknya gak ada deh. Secara di desa tuh masyarakatnya gak sekonsumtif masyarakat kota.”
            “Kok kayaknya kamu yakin banget? Udah pernah kesana?”
            Tetty geleng-geleng, “Aku bilang kan kayaknya. Itu artinya belum pasti. Gimana sih?”
            “Oke… oke… kembali lagi ke Yesi,” Leli menengahi.
            Yang ditanya cuma bisa nunduk. Bingung mau ngejelasin apa. Karena memang mamanya sendiri gak pernah mau ngasi alasan kenapa liburan kali ini dia mesti di rumah, gak boleh kemana-mana. Tentu saja ini menyebalkan. Sangat menyebalkan malah.
            “Nangis lagi aku tabok nih,” Ayu udah ancang-ancang mengangkat telapak tangan kanannya.
            Yesi manyun. Bibirnya meruncing udah kayak knalpot bemo. Tatapannya lekat ke mata Ayu. “Aku lagi mikir ini. Aku juga bingung mau ngejelasin apa ke kalian. Aduh, kepalaku pusiiiiiing.”
            “Atau mungkin…” belum sempat Leli nyelesaiin kalimatnya, tiba-tiba saja Hp Tetty di meja meraung-raung. Avenged Sevenfold masuk dengan reffrain ‘Dear God’ yang indah banget.
            Tetty meraih benda mungil yang ajaib itu.
            “Siapa?”
            “Re,” sahut Tetty sambil menatap ke Leli, “Aku angkat dulu.”
            Benda mungil itu segera nempel di telinga dengan anggunnya. Hp-nya yang anggun, bukan Tetty-nya. “Hallo?”
            “Hallo, Kak, masih di rumah Kriting kah?”
            Tetty tersenyum mendengar kalimat Re barusan. Re memang memanggil Yesi dengan sebutan ‘kriting’ lantaran rambut Yesi yang memang gak bisa dibilang lurus dengan sempurna. Dengan kalimat lain, rambutnya Yesi ini ikal yang kelewatan, “Iya, ini lagi diskusi.”
            “Oh, bagus deh. Gimana hasilnya? Apa si Kriting jadi ikut? Soalnya aku udah konfirmasi ke Pakdhe Warno kalo kita bakal datang berlima. Biar nanti nyiapin kamarnya pas.”
            “Masalahnya nih, Yesi kayaknya gak bisa ngikut. Atau kamu ngomong aja sendiri nih sama Yesi,” Tetty mengangsurkan Hp ke Yesi yang masih manyun.
            “Hallo,” sapa Yesi ogah-ogahan.
            “Woi, kamu kenapa sih? Tumben banget. Biasanya liburan yang pake bayar aja kamu antusiasnya luar biasa. Lah, ini diajak liburan gratis malah gitu. Ada apa? Ngobrol dong.”
            Yesi tambah manyun demi mendengar cerocosan Re di seberang sana. Hatinya tambah perih pas denger Re menyebut kata ‘gratis’ dengan merdunya. Hari gini siapa sih yang gak pengen liburan gratis? Orang-orang pada bela-belain ngirim ini ngirim itu ke kotak undian dan berharap bisa memenangkan hadiah pertama yang kebanyakan liburan gratis. Ini? Tanpa undian apa-apa. Caranya aja udah gratis dan langsung dapat gratis pula. Ah, dasar mama, bikin kacau kehidupan umat manusia aja.
            “YESIIIIIIIIIIIIIIIII…”
            Yesi tersentak, “Oiiii, iya iyaaaaa, aku dengar.”
            “Jawab dong.”
            Yesi lesu lagi, manyun lagi, “Sori Re, kayaknya mau diapain juga, aku gak bakal bisa ngikut deh. Tau nih, tahun ini mamaku kayaknya ada salah makan deh. Dia bisa jadi aneh gitu. Ngelarang aku ikut kalian.”
            “Apa mungkin salah satu dari kami ada yang bikin salah ke mama kamu ya? Ngabisin cake di kulkas misalnya? Atau minjem DVD drama Korea dan lupa ngebalikin? Waaaaah, kalo urusannya udah menyangkut DVD drama Korea, pasti kerjaannya Leli tuh. Coba aja tanya ke Leli. Barangkali bener.”
            “Wanjrottt!!! Mamaku gak doyan drama Korea kali.”
            “Hahahaaaa, bagus deh kalo gitu. Jadi, kesukaan mamamu apa dong kalo gitu?”
            “Cinta Fitri season tiga puluh sembilan sama Tersanjung lima puluh dua. PUAASSS???”
            Di seberang, Re ngakak lagi.
            “Udah deh, kayaknya kita gak usah ngebahas soal ini lagi. Bikin aku tambah menyesal aja. Stress aku rasanya. Udah ya.” Yesi nyerahin Hp ke yang punya.
            “Hallo,”
            “Hallo Kak, nggggg.. jadi gini,” Re menarik napas sejenak, “kayaknya kita mesti ngumpul deh. Terserah mau di rumah siapa. Kita pikirkan bareng-bareng, gimana caranya supaya Yesi bisa ikut. Kasian tuh dia. Dari nada bicaranya tadi, kayaknya dia tertekan banget.”
            “Oke, besok ya. Mungkin sekitar jam satu.”
            “Leli sama Ayu dikonfirmasi ya. Sttttt… Yesi jangan sampe tau ya.”
            “Oke lah kalo soal itu sih.”
            Pembicaraan selesai. 

***
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah