Selasa, 11 Maret 2014

Menulis Haiku dalam Bahasa Indonesia

Teman, haiku adalah sajak singkat yang berasal dari Negeri Matahari Terbit. Udah pada tau dong pastinya? Nah, haiku ini bentuknya padat. Haiku bisa berisi apa saja. mulai dari keindahan alam, rasa syukur, bahkan sampai cinta kasih sekalipun.

Meskipun padat, haiku tidak membatasi otak kita untuk berimajinasi dan berkreasi loh. Namun, seperti berlatih menulis pada umumnya, menulis haiku juga perlu latihan yang sering. Menulis apapun, jika dilakuin dengan sering dan berkelanjutan, hasilnya lambat laun pasti akan bagus. Kita pun pasti akan mahir.

Oke lah, nulis haiku ada aturannya nih. Begini nih aturannya:
1. haiku hanya terdiri atas TIGA baris saja.
2. baris pertama hanya terdiri atas TIGA suku kata saja, gak boleh lebih
3. baris kedua, haiku terdiri atas LIMA suku kata saja, juga gak boleh lebih
4. baris ketiga, haiku kembali ke TIGA suku kata lagi.

Bentuk haiku yang seperti ini sering disebut dengan bentuk 3-5-3. Ada juga yang menggunakan format 5-7-5.

Gimana? Sulit? Ah, nggak juga kan? Mungkin sekarang saatnya kita berlatih. Sering berlatih, tentu aja akan semakin mahir. Setuju???

Contoh haiku:


cahaya
jingga merona
memudar

nuansa
kita terpana
berdebar

(Kakanda Redi)



Nah, seperti itulah haiku.
So, selamat berlatih ya, Teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah