Sabtu, 15 Maret 2014

Bencana di Jam Pertama (part 4)



Danu ngerebahin kepala ke meja. Matanya udah gak kuat lagi untuk diajak kerja sama membaca soal yang keenam belas. Danu nguap sekali lagi. Arie pingsan lagi dua bulan. Perlahan, Danu mulai memejamkan mata.
Rasanya belom lama Danu merem, tiba-tiba pintu kelas digedor dengan biadab dan gak berperikemanusiaan. Danu mencelat dan langsung noleh ke arah pintu. Semua siswa juga gitu.
Pintu kebuka. Pak Adhitiya Warman, guru mata pelajaran Ngaji Iqro’ Empat, masuk dengan memasang tampang serius dan sedikit ngeselin. Dia langsung menghampiri Pak Redi yang lagi ngemasin perangkat mengajarnya. Pak Adhitiya bisik-bisik tetangga sama Pak Redi. Pak Redi ngangguk-ngangguk dan sesekali senyum-senyum gak jelas.
Kelar bisik-bisik, Pak Adhitiya langsung berdehem tujuh belas kali. Wajahnya tampak lebih serius dan lebih ngeselin dari yang tadi. Ditatapnya satu demi satu siswa yang melongo kaya berang-berang belom dikasih jatah makan siang sama petugas kebun binatang.
“Siswa sekalian yang kerap bikin jengkel tapi sangat saya banggakan, berhubung ada hubungan yang harus dihubungkan, maka sehubungan dengan itu, saat ini saya perlu menghububungi kalian agar hubungan-hubungan diantara guru dan siswa tidak sampai pada hubungan yang keliru. Jadi,…”
“Nggg… mohon maaf Pak Adhitiya, bisa tidak Bapak ngomong langsung ke inti permasalahannya saja?” Pak Redi nyela sambil ngangkat kursi, bersiap mau nimpuk andai saja Pak Adhitiya ngebantah. Untungnya, Pak Adhitiya langsung ngangguk.
Pak Adhitiya berdehem lagi, dua puluh satu kali, “Siswa sekalian, berhubung dewan guru akan rapat persiapan perubahan undang-undang bersama Komisi IX DPR RI, maka kalian dipulangkan lebih awal dari biasanya. Kami harap kalian…”
“HOREEEEEEEEEEEEEEEEEEEE… BALIK AWAAALLLLLL… YIIIHHHAAAAAA… AYYYEEEEEEEEE… MANTAAAAPPP… GUDAAAAALLLL…”
Suara Pak Adhitiya tenggelam oleh hiruk pikuk siswa yang bersorak lantaran hari ini pulang lebih awal dari biasanya. Bodo amat dewan guru mau rapat sama siapa kek, ngebahas soal apa kek, yang penting pulang awal. Gitu pikiran mereka, para siswa yang gak punya masa depan yang jelas ini.
“Eh, gimana kalo kita ke pantai? Main bola di tepi pantai sambil nyemolin pantat cewek-cewek bertampang manja dan tulus ikhlas gak pernah marah kayaknya sedap deh. Ada yang setuju?” Bang Jay ngasih ide yang lumayan brilian di pagi yang sungguh sangat menggairahkan ini.
Semua pada setuju. Semua pada teriak-teriak memberi dukungan. Cuma Aji yang geleng-geleng kepala.
“Elo kenapa, Ji?” tanya Arie heran.
Aji menunduk dalam-dalam, “Astaghfirullah… ide si Jay itu sunguh biadab dan tidak menghormati kaum wanita. Mau jadi apa bangsa kita sepuluh sampai dua puluh tahun kemudian kalo generasinya pada ancur kayak si Jay itu??? Ah, sungguh sangat disayangkan.”
Jay gak tersinggung. Dia udah maklum dengan tabiat temen satu genk-nya itu, “Gak usah banyak bacot deh lo, Ji. Mau ikut gak?”
“Ngggg, iya deh kalo elo maksa.”
“ASSSUUUU. Mana ada gue maksa elo???”
Aji malah meringis.
Akhirnya, mereka konvoi menuju pantai. Mereka teriak-teriak sepanjang jalan. Ada yang bawa bendera Slank. Ada juga yang bawa bendera SM*SH dan poster Aldy Coboy Junior. Yang bawa bendera Slank aman-aman ajah. Yang bawa bendera SM*SH dan poster Aldy Coboy Junior langsung ditimpukin sama knalpot motor. Ada yang coret-coret seragam pake pilox, padahal lulusan masih lima bulan lagi.
Nyampe pantai, mereka langsung menggelepar kayak ulat belatung nangka kena panas. Ada yang langsung buka baju dan nyebur ke air. Ada yang langsung jemur sempak padahal tuh sempak basah aja belom. Cewek-cewek sibuk main siram-siraman air. Cowok-cowok sibuk lempar-lemparan bom molotov.
Dari sekian puluh siswa cowok yang beringas dan berlaku ekstrem, cuma Danu yang masih kalem dan gak tau mesti ngapain. Danu cuma keliling-keliling, mengamati tingkah laku temen-temen sekelasnya yang kayak orang gak pernah ngelihat pantai. Norak, katrok, jijay. Ada juga temen-temen yang beda kelas, yang berminat juga ikut ke pantai. Mereka membaur, melebur jadi satu. Gak kelihatan lagi mana IPA mana IPS. Semua pada kompak main air, kejar-kejaran, timpuk-timpukan, tendang-tendangan, gampar-gamparan, dan segala macam kegaduhan lainnya.
Di tengah kebingungan tingkat tinggi, tiba-tiba mata Danu menangkap sesosok cewek bohay yang rasanya udah gak asing lagi. Cewek itu duduk sendirian. Kulit putih dan leher jenjangnya bikin Danu celegukan gak kuat nahan pipis. Ditambah lagi rambut yang berkibar-kibar tertiup angin pantai yang sepoi-sepoi, kian menambah anggun dan cantiknya si gadis.
Danu mendekati cewek itu dengan perasaan bimbang. Selangkah demi selangkah, lama-lama menjadi bukit. Sumpah, peribahasa ini ngaco banget.
“Hhhh… hai? Kamu Embun kan?”
Si cewek bohay noleh, “Lah, elo kan yang ngagetin gue tadi pagi? Ngapain elo nyamperin gue? Sono pergi. Bikin mood gue rusak ajah ni bocah tengil!”
Danu manyun sambil meremas-remas jemarinya sendiri, persis banci yang lagi nunggu giliran di interogasi, “Jangan gitu dong. Kan tadi pagi gue udah minta maaf. Gak mau maafin orang yang minta maaf itu dosa loh. Ada suratnya tuh. Gini bunyinya: Audzubillahiminassyaitonirrojiiim… bismillahhirrohmaaaaanirrohiiiimmmm…”
“Ck, aduuuuh, iya iya iyaaaaa, udah, gue maafin. Sekarang elo minggat, pergi sonooo, jangan ganggu gue lagi. Gue muak liat preman sekolahan yang gak punya visi dan misi yang jelas kayak elo!”
Bukannya minggat, Danu malah nyengir, cengengesan. Lagian, preman kok pake visi dan misi segala. Emang tuh cewek pikir preman mau ikut pemilu apa?
Danu malah ngulurin tangan, ngajak salaman maksudnya, “Kenalin, gue Danu,”
Si cewek malah buang muka.
“Dosa loh kalo nolak temen baru yang mau kenalan. Ada suratnya tuh. Gini bunyinya: Audzu…”
“HUAAAAAAAAAA… okeeee… okeeeee. Nama gue Embun. Udah, puas???” si cewek bohay bangkit dari duduknya, melototin Danu dengan tatapan tajam namun Danu malah suka.
“Belom. Belom puas. Ini, jabat tangan gue belom elo sambut.”
Embun meraih jemari tangan Danu dengan kasar, menjabatnya dengan kasar juga, “PUASSSS???”
Danu geleng-geleng, “Kalo pertama kali kenalan tuh harus cipika cipiki juga loh. Dosa kalo gak dilakuin. Ada suratnya tuh. Gini bunyinya: Au…”
Embun langsung nempelin pipinya ke pipi Danu, kanan dan kiri pula. Danu nyengir keledai dan sesekali nyengir babi. Puas banget kayaknya. Keadaan ini sungguh kebalik seratus delapan puluh derajat dengan apa yang dirasain sama Embun. Embun malah ngerasa kalo hari ini dia sial bener ketemu Danu di pantai yang sebenernya indah ini.
“Bentar bentar…” Embun seperti teringat akan sesuatu yang janggal, “Emang ada ya surat di kitab yang nyuruh kita cipika cipiki kalo pertama kali kenalan???”
Danu geleng-geleng dengan yakin seyakin-yakinnya, “Gak, gak ada kok. Kata siapa?”
“Iiiiiih, Danuuuuuu, elo ngibulin gueeee. Elo jahaaaaaattt…” Embun berusaha nabok lengan Danu.
Danu sendiri udah ngerasa siap dari tadi. Makanya, gitu serangan udah dilancarkan dan hampir mendarat, Danu udah siap ngelak. Danu berkelit ke kiri dan berlari menjauhi Embun. Embun sendiri langsung ngejar Danu yang berusaha kabur sambil cekakakan.
Tapi, Danu malah ngalamin nasib apes yang membawa berkah. Danu kesandung akar pohon kelapa dan jatuh terjerembab. Sementara Embun yang gak siap dengan keadaan di depannya, tetep aja lari dan gak sempat ngerem.
Lantas yang terjadi adalah: Embun terjerembab, persis di pelukan Danu yang udah balik badan tapi masih tiduran di pasir.
Embun berusaha bangkit sebelum kejadian tak senonoh ini dilihat oleh orang, apalagi kalo sampe temen-temennya satu sekolah pada tau. Bakalan jadi aib yang gak bakalan ilang deh, meskipun udah dicuci pake air tanah enam puluh tiga kali juga.
Sialnya, Danu justru menahan tubuh Embun agar tetap berada di pelukannya. Embun menggeliat sambil sesekali tangan halusnya nabokin mukanya Danu. Danu akhirnya mengalah.
“Elo cabul bener sih, Nu?” ucap Embun sambil ngibas-ngibasin bagian bawah rok sekolahnya yang penuh dengan pasir.
Danu nyengir lagi, “Elo yang nubruk gue, kok gue yang dibilang cabul sih?” Danu senyum-senyum ngelihat Embun yang masih manyun. “Eh, duduk di situ yuk,” Danu meraih tangan Embun dan Embun gak berusaha menolak. Di dalam hati, Danu udah bersorak kegirangan. Embun udah jinak, pikirnya senang.
Danu bermaksud ngajakin Embun duduk di salah satu kedai. Nongkrong, berbincang tentang banyak hal, sambil minum es kelapa muda di tepi pantai bersama seorang cewek cantik adalah sebuah suasana yang hanya bisa terjadi di sinetron-sinetron FTV. Danu girang bukan kepalang. Burung nuri udah di tangan. Bahagia udah di hadapan.
Tapi emang bener, manusia itu hanya bisa berencana dan Tuhan lah yang nentuin apa yang bakal terjadi.
Belom nyampe kedai, Danu udah diteriakin sama Jay, Aji, dan Arie. Pake disamperin segala lagi. Danu misuh-misuh dalam hati.
“Nu, kampret lo ya, dicariin dari kemaren juga, taunya di sini. Sama Embun pula. Udah baikan lo sama dia?” Arie langsung nyerocos gitu nyampe di deket Danu.
Danu berusaha ngasih kode agar temen-temennya yang gak tau sopan-santun itu pada minggat. Pengen rasanya danu ngasih duit ke mereka dan nyuruh beli gorengan ke Papua Barat. Kalo perlu mah kagak usah balik lagi. Gangguin orang yang lagi seneng ajah, umpat Danu dalam hati.
“Yuk ah, kita main bola. Mumpung cuaca gak terlalu panas nih. Yuk, kita kemon,” kali ini Jay yang bersuara.
Denger ada yang mau main bola, Embun malah antusias, “Boleh ikutan gak? Tapi maen volly ya. Kalo volly aku suka. Gimana?”
“Sip.” Jay ngacungin jempol.
“Mantap.” Arie ngacungin sepatu.
“Lanjut.” Aji ngacungin cangkul. Laaaaaah…
Cuma Danu yang mukanya tambah manyun. Danu bener-bener sebel sama pasukannya ini. Temen-temen yang gak tau sikon ya mereka bertiga ini. Danu terus ngumpat dalam hati.
“Elo gimana, Nu? Ikut gak?”
“Kampret lo. Kalo Embun ikut, ya gue harus ikut lah. Sialan lo pada. Gak bisa liat orang lagi usaha apa?” sahut Danu dengan ketus dan setengah bisik-bisik, takut kedengeran sama Embun. Dengan berat hati, Danu ngekor juga. Sambil jalan nuju pantai, otak Danu terus bekerja, ngerencanain sesuatu yang bisa bikin acara main bola ini gagal.
Embun udah ambil posisi untuk maen volly. Danu en de genk juga. Maen volly pun dimulai. Cuma Danu yang gak antusias, gak semangat sama sekali maennya. Berkali-kali passing-nya berantakan. Arie ngomel-ngomel. Aji misuh-misuh. Jay malah berak di celana.
Tiba-tiba sebuah rencana jahat dan licik mampir di otak danu yang aslinya memang udah ancur. Begitu bola nyampe ke dia, tuh bola gak di passing, tapi ditendang kuat-kuat. Nendangnya nuju ke tengah laut pula.
“Aduuuh, yaaah, gue gak sengaja. Sueeer. Nah loh, gimana dong? Mana bola kita cuma satu doang…” Danu pura-pura panik gitu ngelihat bola udah digulung ombak di tengah sana. Di dalam hati dia berdoa semoga temen-temennya yang gak punya toleransi dan gak tau sikon itu mengikhlaskan tuh bola dan menyudahi acara maen volly yang gak ada gunanya ini.
“Elo yang nendang, ya elo yang ngambil dong, Nu. Cepetan gih, mumpung belom terlalu jauh,” kata Aji tanpa rasa iba sedikitpun.
Danu malah ngamuk, “Elo udah gila ya? Gak liat tuh ombak gede banget? Kalo gue mampus ditelan ombak gimana?”
“Kalo elo mampus, terpaksa deh kita bertiga menggelar pemilu untuk mencari ketua genk yang baru. Kalo perlu, kita rekrut si Embun buat jadi pemimpin kita,” kata Jay dengan penuh rasa tidak sopan sama ketua genk.
“Eh, kampret lo. Ngomong gitu sekali lagi uang jajan elo gue kurang dua ribu ntar. Gue laporin ke emak elo kalo elo pernah nonton VCD bokep di rumah gue.”
“Yang ngajak siapa?”
Danu garuk-garuk dengkul, “Gue sih. Tapi kan elo mau. Tetep aja salah elo.”
“Tapi kan…”
“STOP!!! STOOOOP!!!” Embun menengahi, “Kalian laki-laki yang gak ada gunanya. Ngambil bola gitu aja pada gak berani. Mana banyak bacot lagi. Sini, biar aku yang ngambil. Payah lo pada!!!” kelar ngomong gitu, Embun langsung ngelepas sepatu dan ngiket rambutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah