Sabtu, 15 Maret 2014

Bencana di Jam Pertama (part 5 -selesai-)



Danu yang mulai paham kalo ternyata Embun serius dengan ucapannya, mulai diserang rasa panik. Ombak memang lagi gede-gedenya. Bergulung-gulung dan berbusa pula. Mau ngelarang Embun, ntar malah Embun nyuruh dia yang ngambil. Mau ngambil sendiri, Danu takut luar biasa. Danu mulai bimbang.
“Elo yakin mau ngambil tuh bola?”
Embun mengangguk dan tersenyum. Manis sekali senyum Embun kali ini. Danu ngerasain ada yang lain dari senyum itu. Tapi… tapi Danu sendiri gak tau makna dari senyum yang sangat manis itu.
“Embun, mending gak usah deh ya. Cuma bola gituan juga. Ntar kita beli lagi aja. Kita beli dua puluh biji sekaligus. Tenang aja, Jay yang bayar. Gimana?” kata Danu nyoba membujuk Embun agar ngebatalin niatnya nyemplung ke laut.
Embun menggeleng pelan, “Bukan soal bola Nu, tapi soal tanggung jawab. Bola sekolahan tuh. Ntar kita di cap sebagai siswa yang gak bertanggung jawab loh. Pergi bawa bola, pulang bolanya gak ada. Udahlah, elo tenang ajah.”
“Iya, tapi…”
“Udaah, elo tunggu di sini. Gak lama kok,” Embun bergegas menuju bibir pantai. Gak lama kemudian, Embun udah masuk ke air. Dia berenang nuju bola yang udah lumayan jauh. Ombak rasanya tambah beringas aja. Tambah gede aja. Kepala Embun timbul tenggelam diantara gelombang laut yang naik turun.
Di kejauhan, tampak Embun udah berhasil mencapai bola. Embun udah nuju ke tepi.
Danu yang nyaksiin itu tampak harap-harap cemas. Dalam hati dia berdoa semoga cewek yang belom lama dia kenal itu balik lagi ke tepi dan gak kenapa-kenapa. Sekilas, rasa nyesel sebab udah nendang bola ke tengah laut melintas di benak Danu. Kalo aja Danu tau kejadiannya bakal kayak gini, tentu aja Danu lebih milih maen volly aja, gak perlu pake nendang bola segala.
Di tengah laut sana, tampak gelombang tinggi bergulung-gulung menuju tepi. Darah Danu berdesir. Embun masih lumayan jauh dari bibir pantai. Gelombang besar itu kian dekat dengan Embun. Suasana berubah jadi panik yang luar biasa. Temen-temen satu sekolahan udah pada berdiri di tepi pantai semua. Ada yang neriakin nama Embun kuat-kuat. Ada yang menggigit bibir. Ada juga yang nyalahin Danu lantaran Danu lah yang udah nendang itu bola.
Gelombang besar itu akhirnya sampai juga, menggulung tubuh Embun dengan ganasnya. Bola volly yang Embun pegang tadi tiba-tiba mengapung bebas. Embun sudah gak kelihatan lagi. Embun terseret gelombang besar yang balik lagi ke tengah samudera.
Temen-temen Danu gak ada yang gak teriak. Semua kalut. Semua gundah. Yang cewek-cewek malah banyak yang nangis. Mereka sesenggukan sambil nyebut-nyebut nama Embun berkai-kali.
Danu terduduk di pasir yang basah. Danu gak peduli lagi. Ada dua titik air yang mengembang di pelupuk matanya kini. Danu nangis. Danu nangis untuk cewek yang justru baru dia kenal beberapa saat yang lalu. Danu ingat sebelum masuk ke air, Embun tersenyum manis sekali. Kiranya senyum itu adalah pertanda buruk. Danu ngerasa bego lantaran tadi dia gak ngelarang Embun untuk tetap tinggal di tepi pantai aja. Gak usah ngambil bola. Gak usah berenang.
Danu terisak pelan. Embun udah gak ada. Embun udah pergi dibawa gelombang sialan itu. Danu menggeram dalam hati.
Danu gak bisa berbuat banyak. Danu pengen teriak. Danu pengen ngelepasin rasa bersalah yang terus mengendap di benaknya. Danu sadar kalo ternyata dia sayang sama Embun.
Danu berteriak sekencang-kencangnya, “EMBUUUUUUUUUUNNNNNNN!!!”
PLETAKKK… GDUBRAK… BLUKKKK…
Kepala Danu seperti ada yang nabok pake kamus. Sadis banget. Danu membuka mata. Didapatinya suasana kelas yang penuh dengan gelak tawa yang membahana dari kawan-kawan sekelasnya. Di depan, Pak Redi sedang berdiri sambil ngacungin penggaris panjang. Mata Pak Redi melotot tajam.
“DANU PRIYADIIIIIIIIII… Saya suruh kamu mengerjakan soal, kamu malah tidur. Sambil ngiler pula. Kurang ajar. Sudah berapa nomer yang kamu selesaikan???”
Danu gelagapan, “Ngg… ituuu, nganu Pak, baru sampe nomer lima belas,” sahut Danu dengan suara memelas dan wajah yang cemas.
“Kurang ajaaaar. Sekarang kamu keluar. Keluaaar!”
“Tapi Pak…”
“KELUAAAAAARRRR!!!”
Danu bangkit dan beranjak menuju pintu kelas. Di dalam hati dia gak berhenti mengutuki kebodohannya sendiri. Disuruh keluar pada saat pelajaran Pak Redi??? Oh, sungguh benar-benar bencana di jam pertama.
Danu manyun semanyun-manyunnya.


Ditulis pertama kali di Kota Baru, Kabupaten Kubu Raya.
Diselesaikan di Ganesha Operation unit AR, Kota Pontianak.
Diedit lagi di Kota Singkawang.
Final, diberesin di rumah gue, Kabupaten Mempawah.

Maret 2014.
Kakanda Redi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah