Sabtu, 15 Maret 2014

Bencana di Jam Pertama (part 1)



Danu. Nama lengkapnya Danu Priyadi, tapi ngaku sama cewek-cewek kalo nama aslinya tuh Vino G. Bastian. Kadang-kadang malah ngaku sebagai Nia Danuaty kalo malem. Danu, remaja tanggung yang jarang banget bernasib mujur, adalah satu dari sekian ribu siswa SMA Budi Pekerti yang paling berpengaruh di sekolahnya. Berpengaruh, sebab beberapa hal kalo Danu gak dilibatin, kalo Danu gak ada, rasanya gak afdol, gak seru, kurang mantap, kurang sedap, kurang kecap, gak ada gregetnya. Misalnya nih, kalo anak cewek pada mau maen loncat karet, terus Danu gak ada dan gak ikutan maen, jadinya gak seru. Terus lagi, kalo bocah-bocah lagi dihukum nyikat WC, terus Danu gak ikutan, waaah, bisa dipastiin acara nyikat WC-nya bakal hambar, garing, gak semangat, gak lucu, gak atraktif, gak ada seru-serunya sama sekali.
Kata orang nih, sukses itu dilihat dari seberapa besar pengaruh kita terhadap lingkungan. Sukses itu adalah ketika kita berhasil mempengaruhi lingkungan, bukan kita yang terpengaruh oleh lingkungan. Untuk standard sukses ini, Danu jagonya. Semua lingkungan yang ada di sekolah udah tunduk oleh aturan maen yang dibikin sama Danu.
Mau contoh? Oke.
Ambil contoh, nggg… Nugraha Aji aja lah. Aji ini, saking alimnya, sama temen-temennya aja udah dipanggil Ustadz Aji. Gimana gak alim, coba? Berangkat sekolah udah paling awal tuh. Aji bela-belain bangun super pagi biar bisa ikut solat subuh berjamaah di mushola sekolah. Dia nyapu mushola, dia yang jaga sendal, dia yang ngelap kaca dan ngepel lantai mushola, yang azan subuh, dia yang solawatan, dia yang qomat, dia yang jadi imam, dia juga yang makmum. Tuh, kurang alim apa lagi sih? Tapi, sealim-alimnya Aji, begitu kenal sama makhluk ancur lebur gak karuan model Danu, Aji bisa loh ikut-ikutan rusak. Yang tadinya kalo kesandung dikiiiit aja, si Aji ini bakal langsung ngucap Astaghfirullah… Setelah kenal Danu, begitu kesandung, Aji langsung bilang: CUKIMAAAAYYYYYY… ASSUUU TENAN… TUEMPULLL…
Gak tau deh. Danu yang sukses mempengaruhi lingkungan atau Aji yang labil sehingga gampang banget terpengaruh sama hal-hal yang merusak moral dan akidah. Yang jelas, dua-duanya sekarang udah gak ada yang bener lagi.
***
Sebuah pagi yang gerah.
Danu lagi nongkrong di parkiran sambil nungguin anggota genk-nya nongol. Sebatang rokok CAKRA yang dia beli lima bulan yang lalu sedang membara ujungnya. Danu begitu menikmati sedotan demi sedotan sambil matanya lirik kanan - lirik kiri. Kalo ada yang bening-bening dikit, Danu langsung suit-suit kayak preman terminal nunggu korban lewat.
Arie muncul dengan Vixion Merah kebanggaannya. Di belakang Arie, duduk dengan manisnya Bang Jay. Jay punya nama asli Jainuri. Biar keren, dia sendiri tuh yang minta dipanggil ‘Bang Jay’. Tapi kadang-kadang anak-anak pada males. Jadinya, kadang-kadang dan kelewat sering juga, ‘Bang Jay’ akan berubah jadi ‘Bang Kay’.
Arie dan Bang Kay, eh… Bang Jay adalah personil genk yang kerap terlihat nongkrong di kantin sekolah sambil makan bakwan. Kelakuan genk ini adalah, makan bakwan tujuh, ngakunya makan cuma dua. Yang harusnya bayar tiga ribu lima ratus, eeeh, yang dibayar cuma seribu. Soal siapa biang keroknya, gak usah nanya lagi. Semua udah sepakat dan hanya punya satu nama: Vino G. Bastian. Bukan…, bukan…, yang bener: Danu Priyadi.
Melihat anggota genk-nya pada dateng, Danu langsung melompat dari jok motor. Disambutnya temen-temen senasib dan seperjuangan itu dengan senyum termanis yang pernah Danu punya. Bibir ditarik dikit, mata kedip-kedip, alis naik-naik, dan jemari lentik melambai-lambai. Cucok chiiinnn…
“Woi Brayyyy… tumben telat. Gue udah nunggui elo dari tadi nih,” sapa Danu sambil toast dengan Arie dan Bang Jay.
Arie membuka helm.
Bang Jay membuka sempak. Gak ding, membuka helm juga.
Mata Danu langsung terarah ke dua buah lingkaran biru muda di wajah Bang Jay. Danu penasaran sekaligus heran.
“Muka lo kenapa? Kok bengkak gitu? Elo digamparin anak Kusuma Bangsa ya? Kok elo gak ngelapor ke gue? Siapa nama anak Kusuma Bangsa yang udah ngegamparin elo? Sini, biar gue tabokin pantatnya pake parutan kelapa nyokap gue. Biar tau rasa tuh bocah. Kampret bener!!!”
Arie yang tadinya adem ayem aja di atas motor, langsung turun dak cekakakan demi mendengar Danu yang misuh-misuh gak jelas.
“Lah, elo ngetawain gue? Kampret lo…”
Arie menepuk pundak sohib kentalnya itu, “Sabar Bray, sabaaar. Gak usah pake emosi gitu lah. Semua ada penjelasannya kok,”
Danu menarik napas panjang terus dihembusin lewat pantat, “Oke, sekarang elo jelasin ke gue. Kenapa muka Jay ancur gitu. Cepetaaaaan. Malah cengengesan gitu sih lo…”
“Gini ceritanya,” jawab Arie masih sambil senyum-senyum, berusaha menahan tawa supaya gak meledak lagi, “tadi di halte depan SMA 13, ada cewek lagi nunggu angkot. Cakep bener ceweknya. Begini lah pokoknya,” jelas Arie sambil ngacungin jempol kaki, halaaaahhh… kok jempol kaki sih…
“Terus?” Danu mendesak.
“Terus, Jay minta belok sebentar. Pengen ngegodain katanya. Ya gue belok lah. Lagian masih lama juga bel masuk bunyi. Nah, pas Jay berdiri di belakang tuh cewek, Jay ngeliatin bodi tuh cewek dari belakang sambil ngiler. Pas ngeliatin pantatnya, eeeeh, kok ya sempak tuh cewek agak nyelip-nyelip gimanaaaaa gitu. Gak pas lah pokoknya. Begonya si Jay, tuh sempak pake dia benerin lagi. Ya jelas aja tuh cewek cakep ngamuk pantatnya dicemol-cemol sama laki-laki yang bukan muhrim. Mana di tempat umum dan rame orang lagi. Ujung-ujungnya, mata kanan Jay digampar pake tumit sepatu lah.”
Danu udah gak kuat lagi. Gak peduli rame anak kelas satu yang lewat, Danu ngakak sambil guling-guling di parkiran.
“Elo sih Jay, bego kagak ngajak-ngajak,” canda Danu sambil ngakak.
Jay senyum-senyum malu.
Gak lama, Danu nyetop ketawanya dengan tiba-tiba.
“Kok kayaknya ada yang aneh ya? Nggg… ada yang kurang,” Danu garuk-garuk dengkul, “Yang digampar kan mata kanan elo, tapi kok mata kiri elo ikut-ikutan lebam?”
Arie ngakak lagi, “Itu karena begonya Jay juga,” ucap Arie begitu ngakaknya kelar, “Kan tadi sempaknya tuh cewek cakep udah dibenerin Jay, jadinya gak nyelip lagi. Eh, Jay malah digampar. Karena ngerasa bersalah, tuh sempak sama Jay dikembaliin lagi ke posisi semula. Nyelip lagi. Jay nyemol-nyemol pantat lagi. Digampar lagi sama tumit sepatu. Kali ini mata yang kiri. Gitu kasusnya.”
Akhirnya Danu ngakak lagi. Guling-guling lagi. Bang Jay malu lagi. Senyum-senyum lagi.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah