Rabu, 28 Juni 2017

Lebaran di Kabupaten Ketapang #4


KECEWA
28 Juni 2017

Foto: giard12's Blog - WordPress.com


Hari ini aku gak kemana-kemana.  Di rumah saja. Sejak kejadian tadi siang, kuanggap lebaran kali ini sudah tamat. TAMAT!!!

Semalam, saat aku bikin naskah postingan sebelumnya, aku dikasih tau kalau hari ini bakal diajak lebaran ke daerah keraton. Ya gak masalah sih. Namanya juga lebaran. Meskipun sudah hari keempat, toh nuansa lebaran masih terasa.

Sekalinya hari ini, aku bangun jam setengah lima. Abis subuhan, dengan keyakinan yang kuat kalo aku bakal gak bisa tidur lagi, aku nyuci baju. Abis nyuci, sekitar jam enam lewat sedikit, aku tidur lagi. Bangun jam setengah sepuluh.

Kulihat orang-orang pada gak ngapa-ngapain. Ada yang belom mandi segala. Padahal semalem bilangnya mau pergi rame-rame. Pikirku gak jadi. Atau, kalopun jadi, sorean dikit lah.

Akhirnya aku yang mandi dan ngerokok setelahnya. Perutku laper berat sebenernya. Tapi aku tahan dulu lah. Kali aja ntar pas lebaran ada yang nyuguhin makan. Jiaaahhhhhh...

Sampe jam sebelas lewat, gak ada tanda-tanda bakal berangkat lebaran. Aku masuk kamar. Baca buku. Ngantuk plus laper menyerang dengan membabi buta.

Sekalinya, jam setengah dua belas, rombongan mau turun lebaran. Istriku nyuruh aku kemas-kemas. Sumpah, seketika aku langsung dongkol. Ini sudah mau masuk waktu dzuhur. Kenapa sih gak nunggu sebentar lagi? Tanggung amat. Ntar di rumah orang baru sibuk mau sembahyang. Kenapa gak sembahyang di rumah saja dulu, baru turun lebaran. Toh gak lama lagi dzuhur.

Akhirnya, dengan rasa dongkol yang udah sampe ke ubun-ubun dan bad mood yang udah gak bisa aku tahan-tahan lagi, aku bilang ke istriku kalo aku ndak ikut lebaran. Bahkan ke ibu mertua juga aku bilang kalo aku ndak ikut.

Aku gak pernah menduga efek dari keputusanku barusan. Segalanya berubah. Istriku seketika berubah jadi kurang ajar dan gak punya sopan santun sama suami. Ternyata dia juga gak jadi pergi. Motor dia pinjamkan entah ke siapa. Pas dia ngambil kunci motor, aku yang lagi baring baca buku dilangkahinya. Sambil nyamber kunci motor, beberapa benda yang ada di atas meja jatoh di sebelahku. Jalannya pun dia buat kasar dengan menghentak-hentakkan kaki ke lantai. Lihat, cuma gara-gara aku gak jadi ikut lebaran sehari saja, dia bisa sekurang ajar itu ke aku. Ya Allah, dongkolku makin memuncak. Jantungku seketika berdetak kencang nahan supaya gak meledak marahku. Telapak tanganku juga udah mengepal, udah keringetan, aku tahan-tahan supaya gak melayang ke mukanya. Aku tau aku ini malas beribadah. Aku juga tau kalau aku ini gak becus dalam urusan ngasih nafkah. Tapi satu hal yang harusnya dia ingat, aku ini suaminya. Kalau dia saja bisa sebegitu kurang ajarnya sama aku, gimana orang laen? Atau, baiklah, ini rumah neneknya. Ini kampungnya. Ini tempat keluarganya. Aku cuma menantu di sini. Dalam arti yang lebih luas, aku gak ada pertalian darah langsung dengan keluarga ini. Tapi, mbok ya jangan gitu. Kentara sekali kalo aku ini orang di luar lingkaran. Dan lihat, sepulang mereka dari lebaran, gak ada satupun yang nyapa aku. Bagus!!!

Sambil berbaring nunggu ngantuk, aku cuma bisa membatin. Kok bisa istriku kayak gitu. Gak lebaran sehari juga gak bakal bikin dia mati juga, kan? Aku gak ikut lebaran toh dia bisa ikut dengan rombongan. Gak ada yang salah juga, kan? Kalau dia gak jadi ikut, itu keputusan dia sendiri. Kenapa harus jadi kurang ajar sama aku? Apa sih yang bisa diharapkan dari istri kayak gini? Kalo sudah kejadian kayak gini, salah misalnya aku membanding-bandingkan dia dengan perempuan laen? Aku pikir, istriku adalah pribadi yang dibesarkan di lingkungan agama yang kuat, yang taat. Kok malah kayak gitu sama suami. Pinter banget dia kalo udah nyeritain keburukan orang laen ke aku. Lha, sendirinya juga gitu rupanya. Cakep dah. Salut.

Sudahlah. Kalaupun aku gak ditegur sama orang serumah, gak apa-apa. Hak mereka.

Perutku laper. Mau makan kok ya sungkan.


Kakanda Redi
Kecewa sekecewa-kecewanya!!!
15.58 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah