Senin, 26 Juni 2017

Lebaran di Kabupaten Ketapang #2


26 Juni 2017

Gaes, masih edisi lebaran di Ketapang loh ya. Hari kedua lebaran. Kami berkunjung ke rumah keluarga yang agak jauhan rumahnya. Kalo gak salah namanya Mak Iting. Rumahnya di Matan Hilir Selatan. Sekitar satu jam dari kota Ketapang.

Nyampe di rumah Mak Iting, kami langsung dimasakin. Ada satu hal yang bikin gue takjub dan lumayan bikin sisi emosional gue tersentuh. Keluarga Mak Iting masih pake tungku kalo masak. Sumpah. Seketika memori gue terbang ke masa-masa sembilan puluhan, di rumah Mak Kung, di Sanggau Ledo ketika belom tersentuh dengan apa yang disebut sebagai sebuah modernisasi.

Sanggau Ledo, sekitar tahun sembilan puluhan lah. Rumah Mak Kung masih pake tungku juga. Maklum. Rumah di dusun semuanya gitu. Tapi, kalo kalian jeli, masakan yang dimasak di tungku sama masakan yang diolah di kompor gas rasanya laen loh, Gaes. Beneran ini. Yang pake tungku tuh rasanya agak gimanaaaaaa gitu. Enak lah pokoknya. Aroma kayu bakar dan segala macamnya itu kok rasanya bisa ikut masuk ke masakan. Wangi. Lezat. Aduh... susah nyeritain detailnya.

Belom lagi kalo dilihat dari sisi lain. Pagi-pagi, sambil ngopi dan nunggu terbit matahari, duduk di depan tungku itu nikmat banget. Iya bener. Nikmaaaat banget. Hangat yang keluar dari tungku, suara kayu yang dimakan api, suara nasi yang ditanak, kesibukan pagi yang terjadi di dapur, semuanya punya tempat tersendiri di memori gue. Kayaknya gak bakalan gue lupa. Ataupun kalo pas beneran lupa, pasti bakal ada aja yang ngingetin. Kayak tadi misalnya. Di rumah Mak Iting. Aduhhh... berdesir darah gue. Hahahahahahahahahaaa... eh, beneran ini.

Abis solat dzuhur, kami disuruh makan. Bukan karena lapar loh ya. Eh, iya sih, lapar juga. Hahahahahahahaaaaa... Tapi nggak... nggak... ini bukan hanya soal lapar. Ini soal selera. Tadi lauknya rame. Ada lalap daun singkong. Daging rendang. Ikan pari panggang. Ikan teri. Ngggg... apa lagi ya? Banyak deh pokoknya. Tapi yang paling juara ya kepah laut yang dicoletin ke sambel terasi. Bujubuneng. Kalo aja gue gak mikirin perkara malu, mau banget gue gasak semua kepah yang ada di dandang itu. Nikmat bener Gaes, asli...

Gue berdoa semoga keluarga Mak Iting pajang umur semuanya. Gue sekeluarga juga tentunya. Biar kelak bisa jumpa lagi. Dimasakin kepah lagi.

Betewe... kalian pada tau kepah kan? Tau kan? Kan kan kan?

Kakanda Redi
02 Syawal 1438 H
23.08 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah