Kamis, 01 Juni 2017

Kakanda Redi: Penggunaan Kata PEMIMPIN dan PIMPINAN




01 Juni 2017 

Hai, Gaes. Semoga kalian sehat selalu dan terus belajar ya. Jangan berhenti belajar. Ilmu gak ada habisnya, Gaes. Gali terus sampe kepala kalian botak. Hehehehehe... bener, gak?

Oke. Kali ini saya akan berbagi sedikit hal yang mudah-mudahan ada manfaatnya buat kalian. Meskipun materi ini tergolong ke dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia, gak apa-apa dong ya kalo cara nyampeinnya dengan bahasa percakapan sehari-hari. Biar agak santai sedikit, gitu.
Materi pelajaran kali ini adalah tentang penggunaan diksi PEMIMPIN dan PIMPINAN. Berikut penjelasannya.

Gaes, kata PEMIMPIN dan PIMPINAN sama-sama diksi baku loh, ya. Gak usah berantem ngeributin mana yang baku dan mana yang gak baku. Dua-duanya baku kok. Tapi Gaes, kedua diksi itu penggunaannya dalam bahasa Indonesia beda maknanya loh ya. Jangan dicampur aduk antara diksi satu dengan diksi yang lain. Ingat itu.

Kata PEMIMPIN mengandung arti yaitu orang yang memimpin, petunjuk, penuntun, dan pedoman. Kata PEMIMPIN, meskipun jarang kalian denger, bisa lekat dengan kata ‘buku’. Buku yang digunakan sebagai petunjuk atau panduan juga bisa kalian sebut dengan sebutan ‘buku pemimpin’. Loh, kenapa kok ketawa? Aneh ya? Gak pernah denger sebelumnya? Makanya saya kasih tau biar mulai sekarang kalian jadi tau. Gitu. Jangan melulu yang kalian tau cuma istilah ‘pemimpin perjalanan’, ‘pemimpin perusahaan’, atau ‘pemimpin pertandingan’ saja. Oke, Gaes?

Nah, sekarang kita akan membahas kata yang satunya lagi, yaitu kata PIMPINAN. Kata tersebut ada hubungannya loh dengan memimpin. Dalam konteks ini, PIMPINAN merupakan hasil dari proses memimpin. Seperti halnya binaan merupakan hasil dari proses membina. Bangunan merupakan hasil dari proses membangun

Sampe di sini ada yang mau nanya? Hah? Apa? Selingkuhan? Ah, kalo itu mah gak usah ditanyain kaleee, Gaes. Aneh-aneh aja pertanyaannya. Hihihihihi... Paham gak? Gak paham? Sono, makan nasi kuning dulu di kantin. Belajar kalo pas laper gak bakalan enak dan gak bakalan konsen. Bener gak?

Oke... oke... kita lanjutin.

Kata PIMPINAN juga punya makna laen loh, Gaes, yaitu ‘kumpulan para pemimpin’. Dalam pengertian yang kayak gitu, kata PIMPINAN akan lazim digunakan dalam ungkapan seperti RAPAT PIMPINAN, UNSUR PIMPINAN, atau PIMPINAN UNIT. Nah, sejalan dengan itu, akhiran –an pada kata PIMPINAN memiliki makna ‘kumpulan’, yaitu ‘kumpulan para pemimpin’. Sama dong dengan kata daratan dan lautan.

Nah, udah pada ngerti belom? Mudah-mudahan ngerti ya, Gaes. Materi ini bisa kalian gunakan untuk debat dengan temen. Kalian akan jadi jagoan karena, jangan khawatir, materi ini teruji kebenarannya kok. Sama sekali gak ngaco. Kalo guru kalian ada yang berani nyalahin materi ini, wah... suruh sekolah lagi deh sampe S3. Hehehehehe... serius ini! Saya belajar dari buku terbitan PUSAT BAHASA DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL. Yang nulis aja tim dan udah pada S3 semua. Kalo gurumu masih ngeyel, tanyain, dia pas kuliah ngapain aja? Atau kalau mau sedikit sadis: Bapak/Ibu kemaren kuliah di mana? Mau lebih sadis lagi? Gini: Bapak/Ibu kemaren kuliah gak? Hihihihihihihihihihiii...

Oke, Gaes? Semoga ada manfaatnya buat kalian ya. Sampai ketemu di materi yang laen. Dadaaaahhh...


Kakanda Redi
Mantan Tentor Bahasa Indonesia di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Pontianak
KAKANDA REDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah