Jumat, 14 Juni 2013

[21] Teror Teror Teror



Ayu
Buatku vila ini menyenangkan. Sungguh menyenangkan. Aku betah menginap disini. Lebih betah lagi asalkaaaaaannnn… ah, kalian tau lah. Makanya ketika Bang Re nanya apakah kami bersedia jika nanti malam menginap di vila lagi, tentu saja dengan raut wajah yang ku-setting selucu mungkin aku jawab sangat bersedia. Asalkaaaaaan, ya itu tadi. Ah, kalian tau laaaah.

Leli
            “Terserah lah. Asal selalu sama-sama. Kalo mau di vila ya di vila semua. Kalo mau di rumahnya pakdhe ya di rumahnya pakdhe semua.” Itu komentarku. Simpel kan? Buatku, jalan menuju sukses itu akan semakin mudah selama kita mengikutsertakan teman-teman seperjuangan. Nah loh, aku kurang bijak apalagi coba?

Yesi
Kalo aku, aku akan milih nginep di vila ini sampe balik lagi ke Pontianak nanti. seberapa lamapun itu. Tentu aja dengan beberapa syarat. Yang pertama, suplay makanan jangan sampe putus. Yang kedua, jangan sampe aku sekamar dengan Ayu yang rese itu. Aku ngikut ke vila ini untuk senang-senang, bukan untuk adu argumen gak penting soal misalnya kenapa juga Raffi Ahmad lebih suka sama Yuni Shara yang sebaya dengan ibunya itu ketimbang sama Zaskia Gotik yang jangankan goyang, jalan aja pinggulnya udah duplikasi itik. Atau, kenapa kok baca komik itu enaknya sambil makan es krim. Ya iya lah, kalo sambil nyangkul kan ribet ya bo.

Tetty
            “APA???” aku gak bisa nyembunyiin keterkejutanku. Aku pikir nginep di vila cuma semalam aja, asal udah tau rasanya, ya udah. Selebihnya ya nginep di rumahnya pakdhe lagi. Begitu lebih bagus.
“Kok kamu lebay gitu sih, Tet? Biasa aja kali.”
“Di vila itu gelaaaaaaaap. Kalian udah pada sakit jiwa ya?” mataku melotot ke arah Yesi. Nih anak kalo belum digampar sekali kayaknya gak bakalan ngerti deh betapa sengsaranya nahan perasaan saat bermalam di tempat asing dan menakutkan.
“Di rumah pakdhe juga gelap kali, Tet. Sama aja kan?”
Aku mendengus kesal. Tatapan mataku beralih ke Ayu yang tumben-tumbenan membela Yesi. Ah, aku tau alasan dia ngomong gitu barusan. Pasti deh, pasti dia pengen ngelabain anaknya Pakdhe Seno itu lagi. Pasti.
“Paling nggak kan di rumah pakdhe ada lampu petromaks,” teriakku kesal.
“Tapi kan gak sampe pagi juga. Paling juga sampe jam sepuluh. Setelahnya? Gelap juga kan?”
“Iya, tapi kan…”
“STOP!!!”
Aku kaget, sumpah aku kaget. Leli memandangi kami satu persatu. Yesi pura-pura membersihkan kuku. Ayu mengangkat bahu. Aku sendiri malah bingung mau ngapain. Re dari tadi malah sibuk ngunyah jambu air yang dicocolin ke mangkok berisi sambel kecap.
“Kalo kalian masih kayak gini terus, besok kita pulang. Atau kalo gak, besok aku sendiri yang pulang.”
JLEBBB. Kata-kata Leli barusan sungguh nusuk. Tepat ke sasaran. Kalimatnya barusan itu adalah satire dari tingkah kami, maksudku mereka, yang kekanak-kanakan. Aku sih gak ikutan. Aku kan dianiaya. Wajar dong kalo aku membela diri.
Sepi. Gak ada yang bersuara kecuali Re yang masih mendesis-desis kepedesan. Dalam situasi seperti ini, aku hanya bisa manyun. Ngarepin Re membela aku, kayaknya sangat gak mungkin. Tuh anak malah sibuk ngelapin ingusnya yang meler di hidung. Sama sekali gak peduli dengan perdebatan gak penting ini.

Ajeng
            “Apa ndak sebaiknya kita bermalam di rumah saja? Kalau kepengen main ke vila lagi, besok pagi kan bisa kesini lagi. Bagaimana?”
“Ya elah,” Yesi mengibaskan tangannya ke aku. Aku sendiri ndak tau itu maksudnya apa,”di rumah gak ada apa-apa. Paling juga kita ngobrol, minum kopi, makan ketela kukus, dengerin lagu jawa, tidur deh. Mana seru? Iya gak, Yu?”
Kulihat Ayu mengangguk sambil mengacungkan jempolnya tinggi-tinggi, “Sip, bener banget!”
“Ya sudah kalau begitu. Saya kan cuma memberi saran. Diterima ya bagus, ndak ya ndak apa-apa. Kalau mau nginap di vila lagi, ya biar saya nyuruh Mas Asmawi untuk ngangkutin air buat mandi.”
“Cakep banget tuh, Jeng. Gitu dong.”

Tetty
Aku semakin muak dengan semua ini. Lihat saja, Ayu dan Yesi udah berkoalisi. Kolaborasi. Dehidrasi. Personifikasi. Reproduksi. Aaaahhhh, terserah deh mau pake istilah apa. Yang jelas, mereka udah menjelma menjadi sebuah kekuatan yang super. Jika segala sesuatunya harus diputusin secara demokrasi, kupikir duet Yesi - Ayu akan sulit dikalahkan. Dan kalo kami sudah kembali ke Pontianak nanti, bukan gak mungkin kalo Yesi – Ayu akan segera mendaftar ke KPU sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur walaupun pemilukada masih tiga tahun lagi. Beuhhhh…

Re
Ini gak bisa dibiarkan. Lama-lama liburan ini bakal jadi kacau balau kalo kejadian gak penting ini terus-menerus terjadi. Kenapa sih sama mereka semua? Soal tidur aja dipermasalahkan.
            “Biar aku yang bikin keputusan,” ucapku perlahan. Buset, siapa sih yang bikin sambel rujak ini? Pedes banget. Tapi sumpah, enak banget. “Sori, bukannya aku sok mau jadi leader. Kita bukan gank. Tapi kalo ada diantara kita yang terus menerus kekanak-kanakan kayak barusan, sepertinya emang harus ada yang bisa jadi dewasa.” Hahahaaaaa, mampus mereka. Kalo aku udah ngomong, jangan harap ada yang coba-coba ngebantah.
            “Malam ini kita tidur di vila lagi. Itu yang pertama. Yang kedua,” aku mencomot sepotong besar jambu air di piring, kucocolin ke cabe, kukunyah dengan penuh perasaan. Huhhhhh, emang membunuh sambel rujak ini. Kulirik di piring, masih ada sepotong lagi jambu air yang tersisa.
            “Kenapa kita gak tidur di rumah pakdhe saja?”
Aku mengalihkan tatapan ke Tetty. Kayaknya dia bentar lagi bakalan nangis deh. Entah apa yang digalaukannya. Aku heran. Itu anak kenapa sih sebenernya? Takut sama cerita pakdhe? Yaelah, kayak cerita itu udah bener pernah kejadian aja!
“Kupikir usul Ajeng tadi ada benarnya,” sambung Tetty sambil melirik ke Mbak Ajeng. Yang dilirik menganggukkan kepala dengan penuh antusias.
“Oke lah, yang kedua,” aku melanjutkan kalimatku  yang kupenggal sendiri tadi. Kulirik, Tetty manyun gak jelas. “Ada kabar kurang baik nih. Nanti malam Mas Handoyo kayaknya gak bisa ikut nginap di vila deh. Katanya sih dia akan…”
“Waaaaaaah, gak seru nih. Gak asyik. Gak ada yang tukang bikin api unggun dong.” Ayu menyela. Ah, tentu saja aku sudah menduganya.
“Udah deh, kita tidur di rumah pakdhe saja. Gimana?”
“Kenapa sih kok kamu ngotot banget gak mau tidur di vila?” Yesi yang sedari tadi diam saja, kini mulai bersuara lagi. Aku mulai bingung mesti ngapain.
“AKU GAK MAU DITEROR LAGI!!!”

Yesi
Oke, kejadian semalam memang mengerikan. Soal aroma bunga kamboja itu memang gak menyenangkan. Tapi gak harus seketika itu jadi trauma juga kan? Kalo aku ceritain soal perkenalanku sama Ranti tadi pagi, soal Ranti yang misterius, dan soal gimana tau-tau Ranti menghilang, aku yakin, saat ini juga Tetty bakalan minta balik ke Pontianak.


Ayu
Mas Handoyo gak ikut nginep di vila lagi? Ini bencana. Benar-benar bencana. Dan setelah kupikir-pikir dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, usulnya Ajeng tadi bagus juga. Tidur di rumahnya pakdhe lebih terjamin keamanannya. Gak perlu ngerepotin siapa tadi? Asmuni? Eh, siapa? Asmawi atau siapa itu. Dia kan gak perlu repot-repot ngambilin air untuk mandi dan sebagainya. Tuh, baik hati dan tidak sombong kan, aku?

Leli
            “Nanti malam bakar ikan kayaknya enak deh,” aku mencoba mencairkan suasana. Tapi kayaknya gak berhasil. Tetty masih manyun. Ayu gak tau kenapa, yang tadinya antusias banget pengen tidur di vila, sekarang kok jadi lesu gitu. Yesi masih kayak tadi. Ajeng sendiri cuma diam, gak banyak yang dia lakuin sekarang. Re menyandarkan tubuhnya ke batang pohon jambu air. Matanya memandang lepas pemandangan jauh di lembah sana. Senja kian merangkak turun.
            “Sip. Setuju. Sayang banget kan ikan hasil mancing tadi siang dibiarin gitu aja. Bener gak, Lel?”
            Aku mengangguk. Sip lah, Yesi udah mulai merespon.
“Tapi bakar ikannya di vila aja, biar seru.” Yesi komentar lagi.
“OGAH!!! SEKALI OGAH, TETEP OGAH!!!”
Oke, oke. Tetty udah mulai frustasi. Diam-diam aku mulai geleng-geleng kepala. Tatapanku kuedarkan ke semua temen-temen yang diam. Sepertinya besok aku akan pulang ke Pontianak. Mungkin sendirian.
Aku mulai kehilangan selera. Selera apapun itu. Liburan kali ini rasanya aneh. Banyak hal-hal yang gak menyenangkan. Semua terasa nyebelin. Mungkin termasuk aku juga. Tapi ya sudahlah. Gimanapun juga, mereka temen-temenku.
Tanganku terulur ke piring yang masih menyisakan sepotong jambu air. Kucocolin ke cabe. Kukunyah dengan lemah. Mungkin juga galau. Hambar. Rasa pedasnya kalah oleh rasa putus asa yang muncul. Apa aku yang terlalu mendramatisir keadaan?

Re
Aku sudah mengambil keputusan. Malam ini, dengan atau tanpa Mas Handoyo, kami harus nginep di vila lagi. Aku akan menjamin semua akan baik-baik saja. Aman terkendali lah pokoknya. Jadi, gak akan ada lagi keributan yang terjadi hanya karena hal-hal yang gak penting.
            “Kalo kita gak aneh-aneh, gak akan terjadi apa-apa. Percaya sama aku,” pelan-pelan aku mulai meyakinkan temen-temen yang masih pada manyun. “Jadi gak ada alasan lagi untuk takut atau apalah namanya. Semua aman. Aku yang menjamin.”
            Semua diam. Mbak Ajeng dan Tetty udah mulai tenang. Gak ada lagi penolakan-penolakan dari mereka, baik secara halus ataupun teriak-teriak kayak barusan. Dan, diamnya mereka ini kuanggap sebagai bentuk persetujuan. Sedikit banyak aku mulai tersenyum senang.
            Aku ingat, jambu air tercinta masih sepotong. Tapi, di piring kok gak ada? Waduh, kelakuan siapa lagi ini?
            “Siapa yang membajak jambu air di piring?”
Semua diam.
“Kamu ya, Yesi?”
“Idih. Enak aja. Gak ada. Bener.”
“Kamu, Yu?”
“Aku kan gak doyan jambu air.”
“Kalo gitu, pasti kamu, Leli. Iya kan?”
Leli menggeleng tiga kali, “Gak ada kok. Jangan sembarangan nuduh gitu dong!”
“Lah, terus itu ngunyah apa?”
“Jambu air,”
“Dapet dari mana?”
Bibir Leli monyong menunjuk ke piring yang udah kosong, “Tuh, dari situ.”
“NAH ITU DIA JAMBU AIR AKU!!! GIMANA SIH???”

***





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah