Senin, 30 Juni 2014

Peristiwa Sedih di Awal Ramadhan



Tanggal 29 Juni 2014 kemaren, yang pas bener sama hari pertama bulan Ramadhan, aku dapet kabar buruk dari sepupuku yang kuliah di Pontianak, FEBRIAN ARIE WASPODHO. Hari pertama puasa belumlah selesai. Waktu menunjukkan pukul 16.35. WIB. Masih sekitar satu jam setengah lagi menuju buka puasa.

Arie nelpon. Dugaan pertamaku, pasti nih bocah mau ke Mempawah, mau buka puasa sama ceweknya yang juga orang Mempawah.

Ternyata, aku salah. Arie langsung nodong dengan pertanyaan: Sampeyan udah dapet kabar belom???

Pikiranku langsung terbang ke Pak Kung, Mbahku yang ada di Sanggau Ledo. Dan, benar saja. Pak Kung sudah pergi. Pak Kung meninggal dunia tepat di hari pertama bulan Ramadhan 1435 H. Ya Allah, dadaku langsung sesak. Mati-matian aku nahan nangis saat ngomong sama Arie. Begitu pembicaraan kami kelar, tangisku pecah. Aku gak bisa nahan lagi.

Padahal… padahal lebaran tinggal sebulan lagi. Aku sudah membayangkan kalau pas lebaran nanti, Resa main kejar-kejaran di halaman rumah Pak Kung yang luas. Resa ngejar ayam. Pak Kung dan Mak Kung nonton Resa main sambil ketawa. Benar, aku pengeeeen bener nunjukin ke Pak Kung kalo Resa udah bisa lari. Ternyata, Allah gak ngasih waktu untuk itu. Allah mengambil Pak Kung tepat di hari pertama bulan baik.

Aku dan Pak Kung


Aku udah lama gak ketemu sama Pak Kung. Hampir setahun. Seingatku, waktu terakhir aku ketemu Pak Kung, pas aku mau balik ke Pontianak,  Pak Kung tidur. Aku gak sempat salim, gak sempat cium tangan Pak Kung. Waktu itu kudoakan semoga Pak Kung panjang umur agar aku bisa ketemu lagi. Ternyata doaku gak terkabul. Ya Allah... 

Selama ini, aku gak pernah pulang ke Sanggau Ledo lantaran pekerjaan. Setiap ibuku nelpon, aku juga jarang nanyain kabar Pak Kung. Ya Allah, cucu macam apa aku ini? Kalau sudah begini, tinggal aku yang menyesal dan ngerasa goblok banget.

Pak Kung pergi kok ya pas aku gak di Sanggau Ledo. Pas aku gak ada di dekatnya. Duh Gusti, sakit rasanya kehilangan seperti ini. Pak Kung adalah keluarga dekatku yang pergi untuk kali pertama. Bener, kehilangan itu menyakitkan.

Ya Allah, tinggal doa yang bisa aku kirim untuk Pak Kung. Ampuni dosa kakekku, terima segala amal kakekku semasa dia hidup di dunia, jadikan kakekku ahli surga-Mu ya Allah. Amien.

Pak Kung, minta maaf, aku tidak bisa hadir di sebelah Pak Kung di saat Pak Kung pergi. Aku sayang Pak Kung. Selamat jalan, Pak Kung. Nanti kita akan kumpul lagi di surga-Nya yang indah.

 01 Juli 2014
10.30 WIB
Kakanda Redi yang lagi sedih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah