Jumat, 15 Juni 2012

Cerita Nenek tentang Ramadhan


Nenek berkisah, sekali waktu
ketika gerimis mendendang di atap rumah, bertalu-talu
ketika Ramadhan hampir masuk tanggal satu
            : Ramadhan di kampung ini, dulu sekali
              adalah musim bunga, mekar warna-warni
              adalah musim suka cita, musim-musim jadi pelangi
              perjumpaan malam tak pernah sepi
              langgar-langgar sesak oleh ayat suci
              kita mengaji… kita mengaji…
              tadarus mengalir di sela sunyi

Nenek berkisah, sekali masa
sambil menghitung gerimis yang lama
sekian menit, tak juga reda
            : kampung terjaga, tak pernah tidur, Cu…
              kentongan sahut-menyahut, tiap pukul satu
              sahur… sahur…
  adalah lagu paling merdu
  mata terjaga sampai subuh di tepi
  kita mengaji… kita mengaji…
  tadarus mengalir lagi di sela sepi

Lalu nenek menatap senja
nyalang mata nenek kesana-kemari
sibuk mencari garis-garis pelangi
garis musim-musim setiap Ramadhan dulu itu
kini pudar tinggal kenang dan cerita paling kelu
            : Ramadhan di kampung ini, sebentar lagi, Cu…
              adalah kesepian seperti Ramadhan setahun yang lalu
              langgar-langgar sepi ayat suci
              mengaji juga kini sekali-sekali
              kentongan mati setiap pukul satu
              sebab penabuhnya sibuk tidur melulu

              Ah, Cucuku…
              barangkali masa memang sudah berganti
              tadarus mengaji kalah oleh lagu di televisi.

Kota Baru, Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakanda Redi; Resa dilukis

Kakanda Redi; Resa dilukis
Anak Papito udah gede. Tambah cantik :-*

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi - Dinda Risti - Rhein Reisyaristie
Pulang dari Pantai Kinjil, Ketapang

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie

Kakanda Redi; Rhein Reisyaristie
Ada kucing kesayangan Resa nih.

Kakanda Redi; Resa

Kakanda Redi; Resa
Resa di ruang kerja Mr. Obama

Pondok Es Krim RESA Mempawah

Pondok Es Krim RESA Mempawah
Di-launching tanggal 12 Juni 2017

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Pondok Es Krim Resa Mempawah

Pondok Es Krim Resa Mempawah
Kami menawarkan tempat nongkrong lesehan yang Insyaallah nyaman dan santai. Mari berkunjung di pondok kami. Jalan Bahagia Komp. Ruko 8 Pintu, Mempawah.

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Istri Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Dinda Risti turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA

Anak Kakanda Redi: SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA
Rhein Reisyaristie turut memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

Mas Redi dan De' Yun

Mas Redi dan De' Yun
Lagi jalan-jalan di Wisata Nusantara Mempawah